Cara Mengobati Batuk

Tags

Cara Mengobati Batuk dengan Madu Manuka

Batuk adalah respons alami yang dilakukan tubuh untuk membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi, seperti debu atau asap, agar keluar dari saluran pernapasan kita. Batuk umumnya akan sembuh dalam waktu satu minggu dan tidak membutuhkan pengobatan yang terlalu berlebihan.

Jenis-jenis batuk meliputi batuk kering dan batuk berdahak. Indikasi awal batuk kering biasanya adalah rasa gatal di tenggorokan yang memicu batuk. Batuk yang tanpa dahak ini biasa terjadi saat tenggorokan dan saluran pernapasan bagian atas sedang mengalami peradangan.

Otak menganggap peradangan di tenggorokan dan saluran pernapasan bagian atas sebagai kondisi yang asing dan berusaha menghilangkannya dengan batuk. Karena itu, pilek atau flu bisa memicu batuk. Dalam kasus yang berdahak, batuk-batuk justru sangat membantu karena akan mengeluarkan dahak dari saluran paru-paru.

Cara mengobati batuk itu sendiri yang paling efektif dan alami yaitu dengan mengkonsumsi madu, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa dengan memberikan satu sendok makan penuh madu setiap beberapa jam sekali bisa mengurangi iritasi pada tenggorokan. Namun efektivitas madu akan lebih terasa pada anak kecil ketimbang orang dewasa.

Madu memang sejak dulu dipercaya sebagai bahan penyembuh alami yang cenderung aman. Madu mengandung lebih dari 181 nutrisi dan zat antioksidan, serta berkhasiat sebagai antimikroba. Itulah sebabnya madu cukup efektif meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Selain itu madu juga bisa melapisi tenggorokan dan memicu mekanisme tenggorokan saat menelan sehingga mengurangi rasa sakit.

Oleh sebab itu jika anda ingin segera mengobati batuk segeralah konsumsi madu, madu terbaik saat ini yang bagus untuk anda konsumsi untuk pengobatan penyakit batuk yaitu Madu Manuka.

Madu maduka diperoleh dari bunga manuka (Lepstospermum scoparium) yang tumbuh di daerah New Zealand dan Australia bagian selatan. Madu Manuka merupakan madu dengan kandungan antibakteri yang menonjol karena terbukti dapat membunuh bakteri yang kebal terhadap antibiotik kimiawi.

Baca Artikel Madu Lainnya :

Comments are closed.