Khasiat Madu Manuka

Tags

Khasiat Madu Manuka

Madu Manuka didapatkan dari lebah yang dikumpulkan dari pollen bunga manuka yang banyak tumbuh di New Zealand. Disana merupakan satu-satunya tempat dimana tumbuhan manuka tumbuh melimpah. Berbeda dengan madu biasa yang cokelat bening dan kental, madu yang berasal dari New Zealand ini berwarna gelap atau sangat gelap, tapi memiliki tekstur kental dan terasa manis lezat.

Selain rasanya yang enak ternyata madu manuka yang satu ini juga memiliki khasiat yang dahsyat sehingga banyak orang yang menyukai madu jenis manuka ini. Khasiat yang dahsyat pada madu manuka ini dikarenakan adanya Kandungan UMF (Unique Manuka Factor) yang tinggi dalam madu Manuka, UMF tersebut merupakan konsentrasi dari antioksidan fenol unik yang secara langsung menghambat pertumbuhan bakteri dan mempercepat penyembuhan. Hal inilah yang membuat madu ini sangat efektif untuk mengobati luka, luka bakar, dan masalah kulit lainnya yang rentan terhadap infeksi serius.

UMF ini pertama kali ditemukan oleh unit penelitian madu Waikato di University of Waikato, New Zealand, tahun 1990an. Juga diketemukan non-peroxide dan komponen anti bakteri. Komponen ini, seperti UMF penting karena tidak hancur oleh sistem enzim tubuh. Oleh karena itu madu manuka lebih kuat dibanding madu lainnya.

Selain kemampuannya untuk penyembuhan luar, Madu Manuka juga memiliki manfaat kesehatan yang lain, diantaranya adalah sebagai berikut :Masalah pencernaan seperti diare, sakit perut, ulcer, dan gastritis, serta penyakit akibat virus seperti influenza.

Singkatnya, madu telah digunakan sebagai penanganan umum untuk berbagai jenis penyakit. Namun madu dari tumbuhan manuka terbukti mampu membantu mengobati berbagai jenis penyakit dan juga bagus untuk penyembuhan beberapa jenis luka. Bahkan jika dibandingkan dengan madu biasa, madu manuka memiliki kemampuan yang lebih ampuh.

Baca Artikel Madu Lainnya :

Comments are closed.