Obat Batuk Pilek Anak

Tags

Obat Batuk Pilek Anak

Madu memang merupakan salah satu pengobatan alami yang sering banyak di gunakan untuk mengatasi penyakit batuk terlebih untuk anak-anak. Satu sendok teh madu yang diminum sebelum tidur dapat meredakan batuk dan membantu anak tidur lebih nyenyak.

Obat tradisional yang satu ini memang lebih baik dari obat batuk maupun perawatan medis modern lainnya. Madu bermanfaat melegakan dan menyembuhkan luka pada tenggorokan.

Secara medis, batuk adalah suatu gerakan tubuh yang bersifat reflek atau reaksi otomatis dari tubuh yang bertujuan untuk melindungi paru-paru. Apabila ada suatu benda atau zat asing selain udara (misalnya debu, asap atau cairan makanan yang masuk secara tidak sengaja) yang masuk ke dalam tubuh atau suatu rangsangan yang menyebabkan terganggunya saluran pernapasan, maka tubuh pun secara otomatis akan melakukan batuk (yang ditunjukkan oleh mulut) untuk mengeluarkan atau menghilangkan benda atau zat asing (yang menyebabkan batuk) tersebut.

Sebuah studi 2007 dari Penn State College of Medicine yang melibatkan 139 anak-anak, menemukan bahwa madu sangat efektif dalam menghilangkan batuk. Dekstrometorfan (DM) dalam madu dapat menenangkan batuk pada malam hari untuk anak-anak dan meningkatkan kualitas tidur mereka.

Studi lain juga pernah dipublikasikan di Pediatrics yang dilakukan pada 270 anak-anak berusia 1-5 yang mengalami batuk pada malam hari karena pilek. Dalam penelitian ini, anak-anak yang meminum dua sendok teh madu 30 menit sebelum tidur mengalami penurunan intensitas batuk dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum madu.

Seperti yang kita ketahui bahwa Anak-anak memang selalu rentan dengan dua penyakit seperti batuk dan pilek. Jika anak anda kebetulan juga mengalami penyakit yang “khas” ini, gunakan ramuan madu yang dicampur jahe, kencur dan jeruk nipis untuk mengatasinya. Bahan-bahan tersebut sangat mudah untuk didapatkan, selain itu dengan memakai bahan-bahan herbal alami untuk mengatasi masalah kesehatan bisa membantu keluarga anda untuk lebih berhemat.

 

Baca Artikel Madu Lainnya :

Comments are closed.