Madu Manuka Honey Terkenal di Indonesia

Madu Manuka Honey Terkenal di Indonesia

Madu Manuka Honey adalah madu yang dihasilkan oleh lebah yang mengkonsumsi sari bunga Manuka (Leptospermum scoparium). Manuka tumbuh besar di New Zealand pada musim panas. Pada Zaman dahulu, Manuka dipakai oleh suku Maori di New Zealand sebagai obat tradisional yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit.

Pada Tahun 1981 dr. Peter Molan dan Kerry Simpson menemukan ada kandungan properti yang unik pada Manuka Honey. Kandungan properti pada madu manuka ini tidak dimiliki oleh madu jenis lainnya. Terdapat keunikan anti bakterial alami yang terkandungan pada madu manuka yaitu dapat mengobati luka pada kulit, infeksi mulut dan tenggorokan. 

 

Kandungan Madu Manuka Honey.

Madu manuka pada umumnya mengandung kalsium, zat besi, kalium dan vitamin lainnya. Untuk itu pada madu manuka ini memiliki khasiat dan manfaat yang lebih dari madu lainnya. Banyak mengandung vitamin dan mineral tinggi, sehingga membuat madu manuka dipakai untuk membantu penyembuhan secara alami.

Madu Manuka juga mengandung methylglyoxal yaitu senyawa organik yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit diabetes. kandungan methylglyoxal menjadikan madu manuka memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi alami. Maka dari itu, kandungan antibakteri pada madu manuka lebih stabil.

Kestabilan yang ada pada madu manuka di sebabkan oleh faktor enzim, sehingga membuat komponen antibakterial madu manuka tidak mudah rusak. Artinya jika sistem enzim dalam tubuh tidak ad, maka antibakterial dalam madu manuka tetap bisa berperan. Oleh karena itu Madu Manuka tetap bisa memaksimalkan kesehatan daya tahan tubuh manusia.

 

Madu Manuka Langka di Indonesia.

Madu manuka selalu disebut sebagai salah satu madu yang langka. Hal ini karena bunga manuka hanya bisa tumbuh di New Zealand dan Australia. Bunga manuka akan mekar selama beberapa minggu dalam setahun, hal ini memungkinkan produksi madu manuka sangat terbatas. Belum faktor cuaca dan lebah nektar terhadap bunga.

Banyak orang menggunakan Madu Manuka Honey sebagai suplemen alami untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Mengatasi batuk pilek, radang pencernaan, pernafasan dan metabolisme tubuh. Saking begitu banyaknya manfaat dan khasiat madu manuka, biasanya -ibuibu menganjurkan anak-anaknya untuk mengkonsumsi madu manuka.

Hal ini karena kandungan asam amino, kalsium, fosfor, vitamin B kompleks, mineral, zat besi, kalium, dan magnesium ada pada madu manuka. Madu manuka juga dapat mengobati sinusitis untuk memerangi plak pada gigi. Bahkan banyak di luar sana orang menggunakan madu manuka sebagai bahan kecantikan seperti masker wajah.

 

Cara Memilih Madu Manuka Asli.

Untuk bisa mendapatkan semua kandungan dan manfaat dari Madu Manuka. Anda bisa mendapatkan produk ini di berbagai toko online seperti shopee dan tokopedia. Namun sebelum membeli madu manuka, ada baiknya untuk Anda ketahui ciri-ciri madu manuka yang asli.

1.  Melihat sample BPOM

Madu Manuka yang anda beli sebaiknya sudah memiliki BPOM, dimana keaslian produk lebih terjamin. Semua produk makanan dan minuman yang asli di Indonesia harus dalam pengawasan BPOM sehingga produk makan terjamin, aman dan layak dikonsumsi.

2. Tidak terkecoh tulisan "active"

Anda harus memahami bahwa tidak semua Madu Manuka sama. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan label pada produk yang Anda beli atau hasil test labolatorium terlampir. Banyak orang tersesat membeli karena tulisan aktif pada kemasan madu manuka tidak memiliki nilai yang sama dengan nilai UMF. Contoh Active 15+ bisa saja memiliki nilai UMF 0 pada madunya.

3. Perhatikan kadar UMF & MG/MGO

Untuk mengetahui manfaat kesehatan nyata dari Madu Manuka Honey, harap perhatikan label dengan "aktivitas antibakteri non-peroksida" atau UMF. Semakin besar jumlah UMF yang ada, semakin baik untuk membantu penyembuhan.

Untuk memudahkan masyarakat dalam memahami kandungan antibacterial alami pada Manuka honey, digunakan standar global yang disebut Unique Manuka Factor (UMF).Berikut referensi rating UMF yang bisa digunakan untuk memilih produk madu manuka:

  • UMF <5: Madu Manuka mengandung Methylglyoxal sebesar 30mg/kg atau MG/MGO 30+ cocok untuk menjaga stamina tubuh sehari-hari.

  • UMF 5-9: Madu Manuka mengandung Methylglyoxal 83mg/kg atau MG/MGO 83+ cocok dikonsumsi orang yang daya tahan tubuh lemah untuk menjaga stamina sehari-hari.

  • UMF 10-14:  Madu Manuka mengandung Methylglyoxal 263mg/kg atau MG/MGO 263+, cocok dikonsumi saat lagi sakit, karena dapat membantu  proses penyembuhkan penyakit dan menyeimbangkan bakteri dalam tubuh.

  • UMF 15+: Madu Manuka mengandung Methylglyoxal 550 mg/kg atau MG/MGO 550+, kandungan antibakteri yang tinggi, dapat digunakan untuk membantu penyembuhan penyakit tertentu. Karena kandungan antibakterialnya yang tinggi.

4. Membeli madu manuka di situs resmi

Anda disarankan selalu membeli madu manuka dari agen atau toko yang telah terpercaya dan bereputasi baik. Salah satunya Hillary Farm official produk madu manuka terbaik di Indonesia. Hillary Farm menawarkan berbagai pilihan produk madu yang lengkap, seperti manuka honey, clover honey, dan thailand honey. Harga dijamin murah dan kandungan aman bersertifikat resmi BPOM.

Bagikan:

Other Articles