Madu Manuka untuk Alergi

Madu Manuka untuk Alergi

Alergi adalah salah satu penyakit yang paling sering terjadi di dunia. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan yang dapat menyebabkan kerusakaan jaringan tubuh dan kadang dapat mengancam jiwa. Jumlah penderita alergipun terus meningkat di negara maju maupun negara berkembang. Alergi bisa terjadi semua jenis kelamin, umur dan ras sehingga meningkatkan beban kesehatan global secara substansial selama 20 tahun terakhir.

Faktor & Penyebab Alergi

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan jumlah kasus alergi yaitu peningkatan polusi, perubahan iklim, pengurangan keanekaragaman hayati, urbanisasi masyarakat, perubahan gaya hidup dan kebiasaan makan.

Madu telah dikonsumsi sebagai makanan sejak ribuan tahun yang lalu. Madu memiliki sifat terapeutik atau dapat mengobati juga mendapat banyak perhatian. Sifat Terapeutik madu seperti anti mikroba, anti inflamasi, anti kanker dan penyembuhan luka telah banyak dilaporkan. Sejumlah penelitian juga telah melaporkan bahwa potensi pengunaan madu dalam pengobatan allergi.

Penyakit alergi seperti anafilaksis, asma dan dermatitis atopik mengancam sekitar 20% dari populasi dunia. Meskipun reaksi alergi dapat dikendalikan dengan obat -obat kimia, para peneliti ingin juga mendapatkan manfaat preventif dan terapeutik dari madu sehingga dapat mengurangi efek samping dari obat-obat kimia tersebut. Secara  klinis, beberapa penelitian menunjukan pengurangan gejala alergi pada pasien setelah  mengkonsumsi madu manuka.

Asal usul Madu Manuka

Madu Manuka berasal dari New Zealand dan merupakan madu yang berwarna gelap dihasilkan oleh lebah yang menyerbuki bunga manuka. Madu manuka mengandung senyawa aktif, yang memberikan sifat antimikroba alami, yang membedakannya dari madu biasa.

Pada tahun 1980, Dr Peter Molan, dari Waikato University membuktikan bahwa madu manuka mengandung anti bakterial dan anti inflamasi yang tinggi yang tidak di temukan pada madu lainnya. Antibakterial pada madu manuka ini sangat stabil, tidak mudah dirusak oleh enzim dalam tubuh, sehingga dapat dipakai untuk membantu mengobati berbagai jenis penyakit.

Madu diketahui mengandung berbagai jenis  zat gizi. Pada penelitian modern sekarang ini lebih berfokus pada senyama biokimia seperti polifenol yang meliputi flavonoid dan asam fenolik yang sangat menentukan bioaktivitas madu. Kandungan Polifenol dapat bervariasi tergantung pada sejenis bunga dan iklim pada suatu tempat.

Oleh karena itu, identifikasi senyawa bioaktif pada madu akan memberikan wawasan lebih lengkap bagaimana mekanisme madu dalam melawan alergi. Bukti klinis menunjukkan bahwa Madu Manuka merupakan salah satu madu yang terbaik dalam mengobati alergi.

Analisa komposisi kimia telah menunjukkan bahwa madu manuka mengandung sejumlah besar fitokimia yang telah dikaitkan dengan bioaktivitasnya seperi antioksidan, penyembuhan luka. Menarikanya, madu manuka juga mengandung komposisi lainnya seperti asam galat, asam p-kumarat, kaempferol dan senyawa bioktif  lainnya yang telah  menunjukkan reaksi anti alergi.

*Baca Juga: Manfaat Madu Manuka untuk Daya Tahan Tubuh

Ilmu pengetahuan menunjukan bahwa manuka honey dapat membantu mengatasi hidung tersumbat, yang merupakan salah satu gejala umum pada alergi. Madu Manuka mempunyai anti inflamasi dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu manuka dapat membantu mengatur respon tubuh untuk mengurangi alergi.

Kandungan methlglyoxal pada madu manuka terbukti efektif untuk mengobati lendir hidung akibat alergi. Penelitian modern menyatakan kandungan Methglyoxal pada madu manuka dapat mengobati lendir hidung yang berasal dari pilek, flu maupun alergi.

Selain mengobati, madu manuka banyak mengandung sumber vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga stamina tubuh. Madu manuka dapat membantu menjaga imun tubuh agar alergi tidak mudah kambuh kembali.  Mengkonsumsi Madu manuka secara teratur terbukti membantu mengatasi gejala alergi musiman dan mengurangi kebutuhan akan obat-obatan.

Jika Anda membutuhkan madu manuka, Anda dapat memesannya di Hillary Farm. Madu manuka dari Hillary Farm terjamin keasliannya, tersertifikat bpom dan  harga yang terjangkau! Tunggu apa lagi, segera kunjungi Hillary Farm untuk mendapatkan madu manuka dengan kualitas terbaik.

Bagikan:

Other Articles