Manfaat Madu Manuka untuk Daya Tahan Tubuh

Manfaat Madu Manuka untuk Daya Tahan Tubuh

Madu dikenal di seluruh dunia sebagai salah satu produk lebah yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan manusia. Madu boleh dikonsumsi semua kalangan dari mulai anak usia 1 tahun hingga orang dewasa. Ada sekitar ratusan jenis madu yang ada di dunia ini.

Asal Usul Madu Manuka

Salah satu jenis madu yang kini banyak diburu masyarakat adalah Madu Manuka. Madu manuka adalah jenis madu yang diimpor langsung dari New Zealand ini memiliki komponen dan senyawa yang berbeda dengan kandungan madu biasa lainnya. Manfaat madu manuka untuk daya tahan tubuh juga menjadi alasan madu ini favorit saat ini.

Jika Anda mengenali tekstur, warna dan rasa yang dimiliki madu Manuka, maka akan melihat betapa berbedanya jenis madu ini dengan madu biasa yang lainnya. Tekstur madu Manuka lebih kental, dengan warna yang coklat pekat dan memiliki rasa yang manis murni.

Madu ini dikenal memiliki kandungan 3 senyawa yang berbeda yaitu leptisperin, DHA, dan methylglyoxal (MGO). Semua senyawa tersebut bersifat anti bakteri. Karena sifatnya tersebut, madu manuka dianggap sebagai madu yang sangat efektif untuk penyembuhan berbagai jenis luka, luka karena tergores, luka dalam, maupun luka bakar,.

Madu Manuka sendiri memiliki kandungan 3 senyawa yang berbeda dengan jenis madu biasa lainnya. Yaitu yang terdiri dari  senyawa Methylglyoxal, leptosperin dan DHA yang kesemuanya memiliki sifat antibakteri. Hal inilah yang membuat madu Manuka memiliki khasiat untuk mempercepat penyembuhan luka baik itu luka terbuka maupun luka bakar pada kulit.

Ketahui Manfaat Madu Manuka Untuk Daya Tahan Tubuh Manusia

Banyak orang yang mulai mengonsumsi madu pada saat tubuh merasa kurang sehat atau tidak fit seperti biasanya. Padahal konsumsi madu secara rutin, bukan saja membuat tubuh Anda lebih sehat dan tak mudah sakit. Namun konsumsi madu secara rutin juga akan membantu Anda untuk memperbaiki organ dalam tubuh yang mengalami kerusakan dengan efektif dan efisien.

Di bawah ini adalah beberapa fungsi madu untuk tingkatkan daya tahan tubuh manusia.

1. Kandungan anti bakteri

Madu Manuka diketahui memiliki kandungan anti bakteri yang bisa menghentikan pertumbuhan bakteri yang masuk ke tubuh kemudian menyebabkan penyakit flu, radang tenggorokan, batuk dan jenis penyakit lainnya. Dengan mengonsumsi madu Manuka secara rutin diketahui bisa menstimulasi sel imunitas dalam tubuh sehingga bisa berfungsi dengan baik dan bisa meningkatkan imunitas dalam tubuh khususnya terhadap serangan virus dan bakteri.

 2.  Kandungan anti virus

Manfaat madu manuka untuk daya tahan tubuh yang berikutnya adalah memiliki kandungan anti virus  yang bisa membantu membunuh kuman  dimana hidrogen peroksida yang hanya bisa diproduksi dengan bantuan enzim dari lebah. Madu sendiri secara bertahun-tahun lamanya dipakai sebagai zat anti bakteri alami oleh seluruh masyarakat dunia.

Madu Manuka memiliki efek terusan yaitu dengan cara menyerang kuman dalam tubuh dengan kandungan zat madu yang disebut dengan MGO/UMF. Kandungan ini hanya ditemukan di nektar  dari bunga Manuka.

Kandungan MGO/UMF diketahui bisa membantu menyembuhkan aneka jenis luka ringan maupun kronis yang ada dalam tubuh manusia.

 3.  Imune booster

Menurut Journal of Leukocyte Biology yang dirilis pada tahun 2007, ada usulan bahwa ada komponen khas dari madu Manuka yang bermanfaat untuk meningkatkan sel imunitas tubuh secara optimal.

Diketahui sifat kandungan antibakteri yang terkandung di dalamnya mampu membantu menghentikan pertumbuhan bakteri dan virus dalam tubuh. Bahkan menurut penelitian yang sudah dilakukan pada pasien yang sedang sakit, konsumsi madu Manuka bisa membantu memperbaiki kondisi tubuh hanya dalam kurun waktu beberapa jam saja.

Mengapa Madu Manuka Memiliki Kandungan yang Spesial?

Ada beberapa hal yang menjadikan madu Manuka ini menjadi jenis madu yang spesial dan memiliki kandungan yang luar biasa khasiatnya. Yang pertama adalah karena madu ini berasal dari bunga Manuka yang hanya ada di Selandia Baru, yang merupakan jenis madu yang alami yang kualitasnya selalu terjaga sehingga dapat dipakai untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Hal yang kedua adalah karena di Selandia Baru memiliki peternak lebah sejumlah 9 ribu lebih yang terdaftar secara resmi dan mengabdikan waktu serta keahlian yang dimilikinya untuk merawat kesehatan lebah beserta lingkungan yang ada di sekitarnya.

Belum lagi kondisi iklim, kualitas tanah dan teknologi yang diterapkan di negara Selandia Baru yang ada pada setiap tahap produksi madu, dari mulai kualitas pembuatan sarang lebah hingga sampai ke rumah konsumen benar-benar diperhatikan dengan baik sehingga terjamin maksimal kualitasnya.

Selandia Baru merupakan satu-satunya negara di dunia yang memiliki definisi madu manuka yang formal dan ilmiah yang diatur oleh Kementerian Industri Primer, dan setiap madu manuka yang akan diekspor telah dites untuk pengesahan informasi di labelnya sebelum diekspor.

Dan hal yang ketiga adalah dimana Selandia Baru menjadi satu-satunya negara dengan definisi madu Manuka yang resmi dan ilmiah yang diatur sedemikian rupa langsung oleh Kementerian Industri Primer yang ada di sana.

Semua produk Madu Manuka yang diekspor sudah dilakukan pengujian dan disahkan sesuai dengan label dan Manfaat madu manuka untuk daya tahan tubuh.

Semua produk Madu Manuka Hillary Farm juga sudah lulus dan tersertifikasi BPOM dan Kementerian industri Primer di New Zealand.

Bagikan:

Other Articles