Madu Terbaik di Dunia | Hillary Farm Madu Manuka

Madu Terbaik di Dunia | Hillary Farm Madu Manuka

Tags

Jenis Madu Terbaik di Dunia

Seperti yang kita semua ketahui bahwa di dunia ini cukup banyak jenis madu terbaik yang kita kenal karena cukup banyaknya spesies lebah penghasil madu dan juga bunga dari berbagai jenis pepohonan. Dengan spesies lebah yang sebenarnya tidak jauh berbeda namun mereka mengambil nektar dari bunga dan jenis pohon yang berbeda, maka tentu akan menghasikan jenis madu terbaik yang berbeda pula. Oleh karena itu banyaknya jenis madu terbaik yang ada di dunia menjadi semakin banyak jenis.

Adapun beberapa jenis madu terbaik di dunia, antara lain yaitu :

  • Madu Manuka. Madu manuka adalah madu yang diambil dari nektar bunga manuka (Leptospermum scoparium), yaitu sejenis pohon teh yang tumbuh di dataran Selandia Baru. Warna madu manuka gelap dan cita rasanya khas, dan karena madu manuka ini diambil dari daerah yang bebas polusi di Selandia Baru, maka kualitas madu ini pun menjadi yang terbaik dari madu jenis lain. Bahkan saat ini, madu manuka menjadi madu yang paling populer dengan sifat anti bakterinya yang sangat tinggi.

    Bukan hanya karena produk impor, madu Manuka atau Manuka Honey ini bisa populer karena kandungan serta nutrisinya memang berbeda dibandingkan madu pada umumnya yang beredar di pasaran.Jika madu umumnya mengandung kalium, zat besi, kasium, serta beberapa jenis vitamin B, madu Manuka lebih kaya akan kandungan bermanfaat lainnya. Kandungan tersebut diantaranya adalah zat anti bakterial dengan jumlah yang cukup tinggi, hal inilah penyebab madu Manuka dipercaya mampu memberikan khasiat lebih ampuh.

    Bukan itu saja, terdapat kandungan lain seperti metilglioksal yang akan bereaksi dengan hidrogen peroksida atau dihydroxyacetone. Dengan kata lain,  manuka memiliki kapasitas yang pantas sebagai antioksidan serta anti peradangan. kandungan anti bakteri pada Manuka pun tergolong lebih stabil jika dibandingkan kandungan serupa pada jenis madu lainnya.

    Kandungan antibakteri yang ada madu Manuka lebih tahan terhadap faktor-faktor luar seperti cahaya, panas, maupun enzim. Oleh sebab itu,  meski melalui sistem enzim dalam tubuh, zat antibakteri madu Manuka tetap bekerja optimal.

  • Madu Beech Honeydew. Dua jenis kumbang dari Selandia Baru yang hanya hidup di pohon-pohon beech merah dan hitam memproduksi suatu zat kaya akan gula yang disebut honeydew. Kemudian terdapat sejenis lebah memakan zat gula tersebut dan menggunakannya untuk membuat madu yang disebut beech honeydew. Madu jenis ini warnanya sangat gelap dan kental seperti bubur. Juga memiliki lebih banyak mineral dan tidak mengkristal sebanyak madu pada umumnya.
    Madu yang dihasilkan terbilang lebih istimewa, warnanya lebih gelap serta memiliki rasa malt yang lebih pekat. Madu yang berasal dari Selandia Baru ini mengandung lebih banyak mineral dan gula kompleks dibandingkan madu jenis lain. Dengan demikian, madu beech honeydew ini tidak akan mudah membatu atau mengkristal.
  • Madu Hymettus. Madu Hymettus berasal dari gunung Hymettus dekat Athena Yunani. Madu ini sudah lebih dari 3.000 tahun yang lalu menjadi salah satu madu terbaik di dunia. Gunung Hymettus menjadi tempat tinggal lebah yang membuat madu ini yang hanya memakan satu jenis bunga yaitu sejenis bunga thyme. Sarang madu yang dihasilkan lebah sangat tipis dan memiliki bintik-bintik gelap di dalamnya. Orang Yunani terkenal sering memakannya dengan cara menuangkannya di atas yoghurt tawar sebagai makanan penutup.
  • Madu Sidr. Madu Sidr selain madu terbaik di dunia termasuk juga madu termahal mahal di dunia. Mengingat madu ini hanya diproduksi dua kali dalam setahun dan berasal dari pegunungan Hadramaut di Yaman dan Arab Saudi. Masa produksi ini ini telah berlangsung selama lebih dari 7.000 tahun. Madu ini berasal dari lebah pohon suci yang dinamakan Sidr.

Madu Sidr sudah dikenal sejak dulu memiliki banyak khasiat karena memiliki tingkat antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu, rasa dari Madu Sidr sendiri sangat khas sehingga tidak mudah terlupakan.

Konon, Madu Sidr dari Hadramaut, Yaman, sangat ampuh membasmi aneka bakteri. Bahkan lebih efektif dibandingkan anti mikroba yang digunakan para ahli di bidang kedokteran modern saat ini. Bukan itu saja, konsumsi madu sidr tidak memberikan efek samping seperti obat modern pada umumnya.

Manfaat Konsumsi Madu Sebelum Tidur

Sejak jaman dulu, faktanya madu sering digunakan sebagai obat maupun makanan. Selain itu, madu juga biasanya digunakan untuk pengganti rasa manis gula yang lebih sehat. Oleh sebab itu, orang-orang terdahulu tentu sering mendengar atau menyarankan mengkonsumsi madu sebelum tidur.

Mengkonsumsi madu diklaim mendatangkan banyak khasiat bagi kesehatan. Bagaimana tidak, madu terbukti memang mampu menyerap lemak dengan sangat baik, terutama bila madu tersebut dikonsumsi bersamaan dengan air hangat.

Madu kaya akan kandungan-kandungan bergizi seperti vitamin dan mineral, kandungan ini berasal dari nektar bunga yang dihisap oleh lebah madu. Manfaat menakjubkan seperti menghambat infeksi saluran pernapasan, anti diabetes, hingga mengurangi kadar glukosa pada darah.

Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi madu secara rutin sebelum tidur:

  1. Membuat tidur nyenyak

Konsumsi madu sebelum tidur ternyata mampu membuat tidur Kamu lebih nyenyak. Pasalnya, kadar insulin yang meningkat dalam jumlah kecil ketika Kamu mengkonsumsi madu sebelum tidur akan merangsang pelepasan tryptophan yang ada pada otak.

Tryptophan ini selanjutnya berubah menjadi serotonin yang merupakan hormon relaksasi dan suasana hati tenang. Hal tersebut tentunya akan membuat tidur Kamu lebih nyenyak.

  1. Mencegah penyakit kanker dan jantung

Asam organik dan senyawa fenolik yang terkandung pada madu menjadi kombinasi yang kuat sebagai antioksidan. Menariknya, antioksidan madu yang terbilang tinggi dipercaya mampu mencegah resiko terkena serangan jantung dan stroke.

  1. Mengurangi resiko diabetes

Konsumsi madu satu sendok teh sebelum tidur diklaim mampu menurunkan resiko terkena diabetes. Penderita diabetes sendiri banyak yang disarankan mengkonsumsi madu sebelum tidur. Hal tersebut dikarenakan fungsi madu yang mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Meski madu mungkin sedikit lebih baik daripada gula, madu pun tetap harus dikonsumsi secara hati-hati.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Beberapa jenis madu terbaik dapat merangsang produksi sel-sel metabolisme dalam tubuh. Berbagai nutrisi pada madu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan baik.

Selain itu, nutrisi dalam madu dapat menyebuhkan berbagai penyakit. Sebaiknya konsumsi madu sebanyak 1 sedok teh sebelum tidur setiap harinya.

  1. Mengobati batuk dan sakit tenggorokan

Berbagai infeksi saluran pernapasan, sebut saja seperti batuk dan sakit tenggorokan tentu sangat mengganggu aktivitas atau kegiatan sehari-hari. Obat batuk pun tak selalu efektif atau bahkan memberikan efek samping. Madu menjadi pilihan terbaik untuk mengobati infeksi saluran pernapasan tersebut.

Sebuah studi mengungkapakan bahwa madu memiliki kinerja yang lebih baik daripada dua obat batuk yang biasa Kamu gunakan.

  1. Membersihkan racun dalam tubuh

Seperti yang sudah diketahui bahwa madu adalah salah satu antioksidan terbaik. Konsumsi madu secara rutin tentunya mampu membersihkan tubuh Kamu dari berbagai ancaman racun. Konsumsi air hangat yang dicelupkan dengan lemon, kemudian ditambah satu sendok teh madu. Kombinasi tersebut dipercaya mampu mendetoksifikasi tubuh.

  1. Menahan agar tidak lapar

Konsumsi madu sebanyak satu sendok makan setara dengan asupan 17 gram karbohidrat. Oleh karena itu, madu dapat menjadi salah satu pilihan terbaik dalam meningkatkan kebutuhan energy Kamu. Madu juga mengandung gula alami sukrosa, glukosa, maltosa, dan fruktosa.

Ketika kandungan tersebut masuk ke dalam tubuh Kamu, gula alami tersebut akan diolah menjadi kalori dan meningkatkan energi tubuh. Madu yang mengandung setidaknya 64 kalori per cangkir tentu memberi Kamu rasa kenyang saat memasuki malam hari.

 

Cara Menguji Madu Asli dan Madu Yang Sudah Dicampur Bahan Lain

  1. Menguji Madu dengan Kertas

Agar dapat membedakan mana madu yang asli atau campuran, Kamu bisa mencoba meneteskan atau menuangkannya ke kertas kosong. Kemudian, robek kertas yang sudah Kamu tuangkan madu barusan.

Jika kertasnya tidak mudah robek maka madu tersebut asli. Sebaliknya, jika kertas tersebut mudah robek, maka madu tersebut sudah dicampur bahan lain seperti air.

  1. Merebus Madu dengan Menggunakan Sendok

Untuk cara mengecek selanjutnya, Kamu bisa merebus madu di atas sendok makan. Sederhana, cukup tuangkan madu pada sendok, lalu panaskan sendok yang sudah diisi madu di atas lilin.

Jika madunya mengeluarkan busa dengan jumlah banyak atau bahkan tumpah dari sendok, Kamu bisa memilihnya karena itu merupakan madu yang alami. Akan tetapi, jika madu hanya mengeluarkan sedikit busa, madu tersebut telah dicampuri dengan bahan lain.

  1. Mencobanya dengan Korek Api

Ciri-ciri madu terbaik selanjutnya, Kamu bisa mencobanya sendiri dirumah karena cukup simpel. Cukup lumuri ujung korek api dengan madu. Setelah itu, gesekkan ujung korek api untuk dinyalakan. Jika koreknya masih menyala, maka madu tersebut murni. Sebaliknya, madu palsu tidak akan membuat korek api menyala karena sudah dicampur dengan bahan lain seperti air.

  1. Membekukan Madu

Memasukkan madu ke dalam freezer, madu asli tidak akan membeku meski setelah beberapa dimasukkan ke dalam freezer. Sedangkan madu palsu atau telah dicampur bahan lain akan mudah membeku jika Kamu simpan di dalam freezer.

  1. Meneteskan Madu ke Air

Madu asli tanpa campuran bisa Kamu lihat dengan mudah, yakni cukup masukan tetesan madu ke dalam air. Madu asli tidak akan jatuh hingga ke dasar air serta tidak akan tercampur dengan air. Madu yang sudah memiliki bahan campuran lain akan tetap mengapung diatas air.

 

 

 

 

Comments are closed.

× Chat with Us