Madu Alami - Manfaat Madu Alami Untuk Kesehatan

15 Manfaat Madu Alami Untuk Kesehatan

Tags

Manfaat madu untuk kesehatan

Manfaat madu untuk kesehatan begitu banyak dan sangat beragam. Selain untuk kesehatan, madu juga bermanfaat untuk berbagai penyakit dan keluhan lain yang berkaitan dengan tubuh manusia. Cairan Madu adalah salah satu benda cair yang sangat ajaib dan sangat hebat serta bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Madu alami sejak dulu memang dikenal sebagai makanan yang berkhasiat bagi kesehatan. Madu yang merupakan hasil dari lebah bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dengan bahan makanan lain lain. Bisa juga dibuat minuman, misalnya dengan mencampurkan madu dengan air hangat.

Berikut ini ada beberapa Manfaat madu alami untuk kesehatan, antara lain yaitu :

  • Meningkatkan pertumbuhan bakteri yang menguntungkan serta menghambat bakteri yang merugikan
    Madu membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri bifido yang merupakan bakteri yang sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Membantu menghambat bakteri yang merugikan seperti Helicobacter pylori, yang dapat menyebabkan tukak pada lambung.
  • Memperbaiki dan melindungi sistem pencernaan
    Efektif dalam mengatasi diare, dengan cara membantu penyerapan elektrolit dan air, serta dapat menghambat bakteri E.coli yang menyebabkan diare. Membantu memperlancar buang air besar, sehingga dapat membantu konstipasi/ sembelit. Beberapa penelitian membuktikan bahwa madu dapat membantu mengatasi tukak (luka) pada lambung serta membantu melindungi lambung dari resiko terjadinya iritasi yang disebabkan karena mengonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan tertentu.
  • Membantu penyerapan kalsium
    Kandungan asan glukonat dalam madu dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium.
  • Sebagai antioksidan
    Kandungan nutrisi dalam madu seperti vitamin C, asam organik, enzim, asam fenolik dan flavonoid bermanfaat sebagai antioksidan tinggi.
  • Sebagai sumber energi yang baik:
    Madu terdiri dari fruktosa dan glukosa yang mudah diubah menjadi energi oleh tubuh.
  • Aman untuk penderita diabetes:
    Madu dapat digunakan sebagai pengganti gula, dan aman untuk penderita diabetes.
  • Mempercepat penyembuhan luka:
    Madu memiliki sifat higroskopis  yang tinggi (mudah menyerap air). Ketika dioleskan pada luka yang terbuka, madu menarik kandungan air dari luka tersebut, membuat luka cepat kering, sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Madu juga dapat mengurangi pembengkakan pada luka sehingga luka dapat sembuh lebih cepat. Sifat antimikroba dari madu dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab infeksi pada luka.
  • Membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah.
    Ada banyak yang beranggapan bahwa orang yang menderita diabetes tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi minuman atau makanan yang manis, karena dipercaya akan meningkatkan kadar insulin sehingga membuat kadar gula dalam darah menjadi meningkat. Namun, tidak semua anggapan tersebyt benar, karena madu asli yang merupakan sumber makanan dan vitamin memiliki cita rasa yang manis tapi baik untuk dikonsumsi oleh orang menderita diabetes.
  • Mengurangi batuk
    Madu juga berkhasiat untuk mengurangi batuk, studi 2007 dari Penn State College of Medicine yang melibatkan 139 anak-anak, menemukan bahwa madu sangat efektif dalam menghilangkan batuk. Dekstrometorfan (DM) dalam madu dapat menenangkan batuk pada malam hari untuk anak-anak dan meningkatkan kualitas tidur mereka.
    Studi lain juga perna dipublikasikan di Pediatrics yang dilakukan pada 270 anak-anak berusia 1-5 yang mengalami batuk pada malam hari karena pilek. Dalam penelitian ini, anak-anak yang meminum dua sendok teh madu 30 menit sebelum tidur mengalami penurunan intensitas batuk dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum madu.
  • Meredakan Radang Tenggorokan
    Manfaat madu untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu dapat meredakan radang tenggorokan dan batuk. Dengan sering mengkonsumsi madu, dapat membersihkan dahak pada saluran pernafasan dan berkhasiat sebagai disinfektan ringan yang membantu meredakan radang tenggorokan.
  • Mengatasi insomnia atau susah tidur
    Banyak orang yang mengalami susah tidur atau insomnia pada malam hari, akibatnya mereka akan kelelahan, tidak bersemangat dan sulit untuk berkonsentrasi di pagi harinya. Jika Anda sering atau sedang mengalami hal ini, jangan langsung menggunakan obat tidur sebagai solusi. Alangkah baiknya Anda mencari cara mengatasi susah tidur secara alami agar tidak menimbulkan efek samping untuk tubuh Anda. Manfaat madu yang lainnya adalah untuk mengatasi susah tidur, hal ini karena rasa manis madu dapat meningkatkan insulin Anda yang kemudian akan melepaskan serotonin neurotransmiter. Kemudian tubuh akan mengubah serotonin menjadi melatonin, zat kimia yang akan membantu Anda untuk tertidur.
  • Membantu menurunkan berat badan
    Meskipun madu memiliki lebih banyak kalori daripada gula, tetapi madu bisa mencerna lemak makanan yang ada dibutuh anda dan madu juga memiliki kandungan baik yang lebih banyak daripada gula. Karena itu madu dapat membantu penurunan berat badan walaupun tidak terlalu spesifikan.
  • Mengurangi efek berbahaya rokok
    Rokok sangat berbahaya bagi tubuh tapi sekarang sudah ada penangkal yang bisa mengurangi setidaknya membantu untuk mengurangi penyakit yang timbul akibat merokok. Apa lagi penangkalnya kalau bukan madu. Sebuah studi telah menemukan bahwa asupan madu dapat mengurangi kerusakan testis akibat merokok. Selain itu madu juga dapat melawan stres oksidatif yang diakibatkan kebiasaan merokok.
  • Merawat Kulit Berjerawat
    Dengan kandungan antimikroba yang terdapat di dalamnya, madu juga dipercaya dapat menjadi salah satu pilihan untuk merawat kulit berjerawat.

 

Baca Artikel Madu Lainnya :

Comments are closed.

Chat with Us