Manfaat Madu Clover Honey | Hillary Farm

Manfaat Madu Clover Honey | Hillary Farm

Tags

Manfaat Madu Clover Honey

Madu clover honey merupakan salah satu jenis madu yang bahan dasarnya berasal dari tanaman semanggi. Clover honey sendiri mulai populer dikonsumsi karena diklaim mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan.

madu clover honey

Madu adalah produk alami dan digemari banyak orang di dunia karena rasa manisnya yang khas. Membahas tentang rasa, tentu madu memiliki berbagai macam rasa tergantung jenis madunya. Selain itu, baik aroma maupun warnanya madu pun memiliki variasi berbeda. Salah satu jenis yang cukup populer dikonsumsi adalah madu clover honey.

Madu clover honey umumnya memiliki warna kuning muda serta aromanya wangi seperti bunga. Disisi lain, rasanya madu jenis ini pun dapat dibilang lebih ringan dari jenis madu lainnya. Di dalam clover honey terkandung protein asam amino, mineral, vitamin, enzim, dan antioksidan seperti asam fenolat.

Madu merupakan sumber makanan alami yang sangat bermanfaat, Madu kaya akan kandungan nutrisi dan enzim yang dapat memelihara sistem pencernaan tubuh Anda. Sebagian besar kandungan madu adalah fruktosa dan glukosa. Juga mengandung karbohidrat, protein, asam amino, enzim, vitamin, dan mineral. Juga kaya akan kandungan antioksidan seperti vitamin C, flavonoid, dan alkaloid.

Madu Clover merupakan salah satu jenis madu terbaik yang dapat Anda konsumsi. Hal itu di karenakan  Madu Clover mengandung madu murni dan diolah secara alami sehingga dapat memberikan manfaat optimal bagi kesehatan Anda. Penelitian membuktikan bahwa salah satu madu terbaik adalah madu yang berasal dari bunga Clover.

Berikut ini ada beberapa manfaat madu clover, antara lain yaitu :

Selain digunakan untuk bahan tambahan pemanis pada minuman atau makanan, clover honey juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menyembuhan Gangguan Kulit dan Luka

Bukan lagi rahasia umum bahwa madu memiliki komponen antibakteri dan antiradang. Clover honey pun memiliki kandungan tersebut sehingga sangat efektif untuk mengurangi peradangan, mempercepat pertumbuhan jaringan kulit baru, serta mampu membantu membersihkan luka pada kulit.

Bukan hanya itu, madu ini juga diyakini dapat meringankan gejala eksim atau dermatitis dan mengatasi yang disebabkan oleh bakteri pada kulit.

  1. Meredakan gejala flu

Konsumsi 1 hingga 2 sendok madu clover honey lalu campurkan ke dalam teh hangat mampu meringankan gejala-gejalan flu yakni batuk, pilek dan sakit tenggorokan. Manfaat tentu berasal dari kandungan antiradang, antibakteri, dan antioksidan.

Selain itu, clover honey dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau metabolisme, maka dari itu madu clover dapat meredakan gejala-gejala flu.

  1. Memelihara kesehatan gigi dan mulut

Clover honey memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Antibakteri pada madu tentu akan menghambat pertumbuhan kuman yang terdapat pada gigi dan gusi. Selain itu, madu juga efektif  mencegah peradangan gusi serta mengahambat pembentukan plak gigi.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Clover honey merupakan jenis madu yang kaya akan flavanoid dan asam fenolat. Kedua kandungan ini memiliki sifat antiradang dan antioksidan sehingga mampu menjaga kesehatan jantung. Selain itu,k Flavanoid dan asam fenolat juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol.

  1. Meredakan gangguan saluran cerna dan sebagai prebiotik

Mengonsumsi 1 hingga 2 sendok teh madu diklaim mampu meredakan nyeri perut serta dapat mempercepat proses penyembuhan gangguan pada pencernaan, seperti tukak lambung dan diare.

Selain itu, kandungan gula pada madu memiliki peran penting sebagai prebiotik saluran pencernaan. Efek ini tentu sangat baik terutama dalam membantu pertumbuhan bakteri baik serta melancarkan sistem pencernaan.

Madu Berkualitas Itu Bagaimana?

Madu sendiri memiliki sejarah penggunaan yang terbilang sangat panjang, termasuk dalam penyembuhan atau pengobatan. Ilmu pengetahuan modern pun mengungkap bahwa madu memiliki kandungan antibakteri atau antiinflamsi yang sangat baik untuk kesehatan.

Selain berguna untuk mencegah penyakit, madu juga diklaim bermanfaat untuk kecantikan kulit. Saking luasnya penggunaan madu ini, maka jangan heran jika di pasaran banyak beredar madu yang dikemas dengan berbagai merk.

Anda selaku konsumen, tentu dituntut agar lebih teliti dalam memilih produk madu mana yang berkualitas. Kualitas madu sendiri dapat dilihat dari beberapa indikator seperti sumber nektar, kualitas tanah tempat tanaman, derajat pemasakan, cuaca, cara ekstraksi, dan sebagainya.

Berikut ini adalah tips memilih madu berkualitas yang bisa Anda terapkan sebelum membelinya.

  1. Memperhatikan kadar air pada madu

Seperti yang dilansir Nationalgeographic, Dr. Ivan Hoesada mengungkapkan bahwa madu yang memiliki kualitas baik adalah madu yang tidak terlalu encer. Pasalnya, madu yang encer berarti madu telah dicampur dengan air.

Cara mengeceknya cukup mudah, tuangkan madu dari botolnya kemudian perhatikan madu tersebut. Jika mengeluarkan gelembung lebih cepat, maka kadar air pada madu terbilang cukup tinggi.

Meski begitu, parameter tersebut bergantung peternakan lebah serta musim yang berlangsung. Madu pun biasanya lebih encer saat dipanen pada musim penghujan.

  1. Kebersihan madu

Sebelum memilih produk, sebaiknya pastikan tak ada serpihan-serpihan debu atau kotoran lainnya pada madu. Produk yang kotor bisa menandakan bahwa proses penyaringannya tidak sempurna. Meski madu yang kandungan serbuk sarinya tinggi terlihat sedikit keruh, namun keruh tersebut jelas berbeda dengan debu atau pun kotoran lainnya.

  1. Warna madu

Perlu Anda ketahui, bahwa madu bisa memiiki warna lebih gelap karena kandungan sodium, magnesium, potassium, sulfur, besi, dan mangan. Selain itu, kadar asam yang tinggi pun dapat menyebabkan madu berwarna lebih gelap. Aroma madu dengan tampilan gelap ini lebih kuat dibandingkan dengan madu berwarna terang. Warna madu pun cenderung tidak sama, salah satu alsannya adalah jenis bunga yang digunakan untuk pembuatan madu tersebut.

Comments are closed.

× Chat with Us