Keunikan Madu New Zealand Dibanding Madu Lainnya

Keunikan Madu New Zealand Dibanding Madu Lainnya

Madu New Zealand merupakan salah satu jenis madu yang populer di Indonesia. Berasal dari lebah yang mengonsumsi bunga Manuka, Madu New Zealand memiliki aroma, tekstur, dan warna yang unik dibandingkan jenis madu lainnya.

Keunikan Madu New Zealand

Bunga manuka (Leptospermum scoparium) sendiri tumbuh subur di New Zealand pada musim panas. Bunga ini sering dipakai sebagai obat tradisional oleh Suku Maori. Manuka honey menjadi salah satu alternatif pengobatan alami, karena memiliki banyak keunggulan.

1. Kandungan anti bakterial alami

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dr Peter Molan dan Kerry Simpson pada 1981, ditemukan kandungan unik dari manuka honey yaitu antibakterial alami. Kandungan ini dapat membantu mengobati luka pada kulit, sakit tenggorokan, dan infeksi mulut.

Kandungan antibakterial pada manuka honey juga tidak mudah rusak. Antibacterial alami dari manuka honey tetap aktif meski sistem enzim tubuh ikut berperan. Hal inilah yang menjadi keunggulan manuka honey yang manfaatnya tetap maksimal untuk tubuh.

2. Kandungan vitamin dan mineral

Madu biasa dihasilkan lebah yang mengonsumsi berbagai macam bunga atau nektar tanaman. Sedangkan madu manuka ini diperoleh dari madu yang hanya mengonsumsi serbuk bunga manuka yang ada di New Zealand.

Madu yang dihasilkan pun memiliki khasiat yang cukup besar dibanding madu lainnya. Manuka honey mengandung berbagai vitamin yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Serta mengandung mineral yang sangat tinggi untuk kesehatan tubuh, seperti zat besi, kalium, dan kalsium.

3. Kandungan UMF/methylglyoxal

Kandungan UMF/MGO pada manuka honey cukup tinggi yang membuat madu ini lebih unggul dari pada madu lainnya. Dalam madu manuka mengandung UMF/methylglyoxal yang menjadi sumber antioksidan dan anti inflamasi. Kandungan madu New Zealand ini lebih stabil dibanding jenis madu lainnya.

Manfaat Madu New Zealand

Ada sejumlah manfaat yang ditawarkan oleh madu manuka dari New Zealand, yaitu:

  • Meningkatkan imunitas tubuh

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan Prof. Dr. Peter Molan, Waikato University, antibakteri pada manuka honey sangat berbeda dari madu pada umumnya. Kandungan antibakterial madu manuka stabil dan tidak mudah rusak oleh enzim tubuh sehingga madu manuka sangat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

  • Membantu penyembuhan luka

Madu manuka dikenal sebagai alternatif pengobatan alami yang dapat membantu mengatasi luka pada kulit. Digunakan sebagai obat oles untuk mempercepat penyembuhan luka bakar dan regenerasi jaringan kulit yang luka.

  • Mencegah gangguan pencernaan

Manfaat mengonsumsi madu manuka secara rutin dapat mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, infeksi, dan luka pada usus akibat infeksi bakteri.

  • Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Penelitian yang dilakukan sekolah kedokteran gigi Universitas Otago, New Zealand membuktikan bahwa antimikroba pada madu manuka dapat merawat kesehatan gigi. Mengunyah atau mengemut manuka secara signifikan mampu mengurangi plak dan mencegah pendarahan karena radang gusi. Vitamin dan mineral pada manuka juga mampu menjaga kesehatan gigi.

  • Mengobati luka pada lambung

Keunggulan madu New Zealand ada pada sejumlah kandungan nutrisinya yang cukup tinggi dibanding madu lain. Oleh sebab itu, madu manuka sering menjadi madu medis untuk meringankan gejala penyakit. Salah satunya adalah membantu mengobati luka lambung yang disebabkan bakteri seperti H. pylori.

  • Membantu mengatasi alergi

Kandungan pada manuka honey terbukti mampu mengurangi gejala yang ditimbulkan karena alergi. Manuka honey bahkan dapat mengobati alergi itu sendiri.

  • Meringankan radang tenggorokan

Radang tenggorokan menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman. Mengonsumsi madu dapat memberikan dinding lapisan pada tenggorokan untuk mengurangi rasa sakit akibat radang tenggorokan.

Alasan Pilih Madu New Zealand

Madu manuka bisa dikatakan sebagai salah satu jenis madu langka, karena berasal dari serbuk bunga manuka. Bunga yang hanya tumbuh di New Zealand dan Australia bagian selatan. Bunga manuka ini hanya mekar beberapa minggu saja dalam setahun, sehingga sangat terbatas.

Manuka honey kaya akan nutrisi, seperti vitamin B kompleks, asam amino, zat besi, kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Madu manuka banyak dikonsumsi sebagai suplemen alami untuk menjaga kesehatan tubuh, mengobati batuk pilek, mengatasi gangguan pencernaan, dan sumber energi.

Madu manuka dapat dikonsumsi oleh semua usia/kalangan, baik anak-anak mulai umur 1 tahun maupun orang dewasa. Anda bisa mendapatkan madu manuka dari Hillary Farm. Toko madu ini menjual berbagi jenis madu manuka di Indonesia yang aman untuk Anda konsumsi, serta sudah bersertifikat BPOM.

*Baca Juga: Madu Manuka Honey Terbaik di Indonesia

Bagikan:

Other Articles