Perbedaan Madu Manuka Asli dan Palsu

Perbedaan Madu Manuka Asli dan Palsu

Madu manuka dibuat oleh lebah dari nektar semak manuka pohon kecil asli New Zealand dan terkenal dengan sifat antibakterinya. Beberapa ahli percaya bahwa itu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bahkan meningkatkan kesehatan usus.

Ini juga digunakan untuk penyembuhan luka dan untuk menenangkan kondisi kulit yang meradang seperti eksim dan psoriasis. Ini dapat digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan dan dianggap membantu infeksi saluran pernapasan atas yang terus-menerus. Itu mengapa madu manuka menjadi salah satu jenis madu yang paling dicari oleh konsumen.

Mengenal Madu Manuka

Madu Manuka adalah jenis madu yang berasal dari lebah yang menyerbuki tanaman leptospermum scoparium atau yang lebih dikenal tanaman manuka. Leptospermum scoparium adalah bunga atau pohon yang tumbuh di New Zealand.

Yang membedakan madu manuka dengan madu lainnya adalah teksturnya yang kental dan berwarna keruh mirip dengan caramel. Untuk manfaatnya sendiri ada banyak salah satunya berasal dari kandungan UMF/Methylglyoxal (MGO) yang terbukti memiliki sifat antibakteri.

Faktanya, Kandungan UMF/Methylglyoxal (MGO) pada madu manuka empat kali lipat lebih tinggi dibanding dengan madu biasa. Inilah yang menjadikan madu manuka memiliki standarisasi khusus yang sering disebut Unique Manuka Factor (UMF).

Perbedaan Madu Manuka Asli dan Palsu

Beberapa tahun ini pasar madu manuka terus tumbuh karena banyak masyarakat Indonesia yang menyukai madu ini. Tidak hanya di Indonesia, bahkan madu manuka sangat terkenal di seluruh dunia, dalam pengobatan, makanan, dan perawatan kulit.

Banyak orang yang memanfaatkan keserbagunaan madu manuka, terutama dalam penerapannya untuk perawatan kulit. Namun, madu manuka palsu telah menjadi masalah untuk konsumen madu manuka, oleh karena itu Anda harus lebih teliti lagi saat membeli manuka.

Jika Anda tidak terbiasa dengan perbedaan antara madu manuka asli dan yang palsu, maka mulai saat ini Anda wajib mengetahuinya. Sangat penting untuk mengetahui madu manuka yang asli dan yang asli karena ini akan berpengaruh pada kualitas madu manuka itu sendiri.

Untuk membeli madu manuka di toko atau online, ada beberapa aspek unik yang harus diperhatikan untuk memastikan Anda membeli madu manuka asli. Pertama adalah dari mana asalnya, madu manuka hanya berasal dari New Zealand dan beberapa wilayah tertentu di Australia. Hal ini karena madu manuka adalah hasil dari penyerbukan tanaman manuka asli New Zealand dan Australia Tenggara. 

Lainnya adalah rating madu manuka, yang khusus untuk madu manuka saja. Madu manuka dihitung dengan sistem potensi tertentu, biasanya dengan dua peringkat MGO atau UMF. MGO adalah singkatan dari methylglyoxal, yang merupakan tingkat antibakteri dari madu manuka (dan madu manuka adalah antibakteri yang luar biasa dan kuat). Jika peringkat MGO adalah 100+, misalnya, itu berarti mengandung 100 mg methylglyoxal di dalamnya.

Lalu yang berikutnya adalah UMF, yang berarti Unique Manuka Factor. Ini adalah peringkat yang berbeda karena menilai madu manuka untuk strain alami dan standar mentahnya. Pengujian madu manuka yang diatur, saat masih dalam produksi/pengemasan, dilakukan di setiap perusahaan madu manuka bersertifikat/UMF license merupakan langkah penting di departemen kontrol kualitas untuk itu.

*Baca Juga: Berapa Harga Madu Manuka Terbaru Saat Ini?

Nah, untuk memudahkan Anda membedakan madu manuka asli dan palsu, berikut beberapa ciri-ciri madu manuka asli:

  1. Label UMF serta ratingnya misalnya  UMF5+ atau UMF10+
  2. Terdapat nama perusahaan madu dan nomor lisensi resmi
  3. Berasal dari perusahaan New Zealand yang berlisensi UMF

Menurut Unique Manuka Factor Honey Association, rating UMF berfungsi untuk menginformasikan konsumen mengenai tingkat kandungan antibakteri pada madu manuka.

Tempat Membeli Madu Manuka Asli di Indonesia

Manfaat madu manuka yang luar biasa menjadikannya salah satu bahan alami yang paling diminati oleh konsumen Indonesia. Madu manuka bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit sehingga tidak heran jika produk madu manuka asli sangat dicari.

Untuk mendapatkan khasiat yang luar biasa dari madu manuka, pastikan bahwa Anda membeli madu manuka hanya di tempat yang terpercaya yang hanya menyediakan produk madu manuka asli. Jika Anda ingin membeli produk madu manuka asli, Anda bisa membelinya di Hillary Farm yang merupakan penyedia berbagai jenis madu manuka asli.

Anda bisa memesan madu manuka asli di Hillary Farm yang siap untuk mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia. Kami pastikan pengemasan dilakukan dengan sangat baik sehingga dapat menjaga kualitas madu manuka. Tidak hanya itu, kami memastikan juga, barang yang sampai pada tangan Anda dalam keadaan baik.

Hillary Farm sangat peduli dengan kualitas bahan alami, oleh karena itu, semua produk madu manuka yang kami sediakan asli dan berkhasiat tinggi. Jadi, jangan ragu untuk membeli madu manuka di Hillary Farm yang semua produknya asli. Belanja di toko online kami hari ini dan kami pastikan untuk mengirimnya tepat waktu dan pengemasan yang aman.

Semua produk madu manuka kami terdaftar BPOM sehingga Anda tidak perlu khawatir karena dipastikan asli dan aman. Silahkan hubungi kami untuk memesan madu manuka asli!

 
 

 

 

Bagikan:

Other Articles