Madu Manuka Honey Terbaik di Indonesia

Madu Manuka Honey Terbaik di Indonesia

Mengenal Madu Manuka

Madu manuka berasal dari lebah Leptospermum scoparium yang mengkonsumsi serbuk bunga manuka. Manuka tumbuh besar di New Zealand pada musim panas, sering dipakai suku Maori sebagai obat tradisional.

Pada tahun 1981 dr. Peter Molan dan Kerry Simpson menemukan kandungan unik pada manuka honey. Keunikan ini berupa anti bakterial alami yang bisa mengobati luka pada kulit, infeksi mulut, dan sakit tenggorokan.

Madu ini memiliki khasiat cukup besar daripada madu lainnya, mengandung kalsium, zat besi, dan kalium. Serta terdapat vitamin dan mineral yang sangat tinggi untuk kesehatan tubuh manusia.

Pada madu manuka juga mengandung Unique Manuka Factor (UMF) Methylglyoxal. UMF ini membuat madu manuka memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi. Kandungan antibakterial ini lebih stabil dibandingkan madu lainnya.

Lalu untuk komponen antibakterial pada madu manuka tidak mudah rusak. Artinya, meski sistem enzim dalam tubuh berperan, antibakterial pada madu manuka tetap aktif. Inilah yang menjadikan madu manuka tetap maksimal untuk tubuh.

 

21 Manfaat Madu Manuka

  • Sebagai sumber energi

Manuka honey memberikan energi, vitamin dan mineral yang cukup untuk tubuh. Manuka honey dapat diminum di pagi hari agar badan tepat terasa segar dan tidak mudah lelah.

  • Menjaga sistem pencernaan

Manuka honey dapat membantu menjaga kesehatan pada sistem pencernaan, menyembuhkan luka pada usus yang diakibatkan oleh bakteri, mencegah infeksi dan meningkatkan system kekebalan tubuh.

  • Menyembuhkan batuk, pilek, radang tenggorokan

Anti bakteri yang terkandung di dalam Manuka honey dapat digunakan untuk meredakan infeksi dan membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan. Selain itu Manuka honey dapat melindungi dan memberi dinding lapisan pada tengorokan sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada saat radang.

  • Mengobati luka bakar, bisul

Manuka honey dapat mengobati luka bakar maupun bisul dengan cara dioleskan. Manuka honey dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka bakar sehingga luka cepat kering dan anti bakteri pada manuka honey membantu meredahkan infeksi pada luka bakar tersebut.

  • Membantu meningkatkan kesuburan

Bukti empiris dan pendapat para ahli kesehatan menyatakan bahwa manuka honey berperan secara signifikan dalam meningkatkan kesuburan pasangan suami istri. Untuk wanita, manuka honey mampu membantu menguatkan rahim, serta mempercepat pematangan sel telur. Sedangkan untuk pria, manuka honey bisa membantu meningkatkan kekentalan sperma.

  • Menjaga kesehatan kulit

Manuka honey memiliki banyak sifat Antibakteri yang tinggi sehingga dapat dipakai untuk  menyembuhan jerawat dan mencegah jerawat untuk datang kembali. Manuka honey banyak dipakai untuk bahan pembuatan kosmetik. Selain itu, mengkomsumsi manuka honey setiap hari  dapat membuat kulit keliatan lebih indah dan cerah.

  • Membantu mengobati luka pada lambung

H. pylori adalah salah satu bakteri yang sering mengakibatkan luka pada lambung. Research menyarankan bahwa manuka honey dapat dipakai untuk membantu mengobati  masalah lambung yang disebabkan oleh bakteri tersebut. Selain itu manuka honey juga dapat dipakai untuk melindungi lambung akibat konsumsi alkohol berlebihan.

  • Membantu menyembuhkan jerawat

Manuka honey bisa menjadi pembersih wajah dan toner yang hebat. Karena adanya sifat higroskopis (mampu menarik dan menahan air), manuka honey bisa mengeluarkan kotoran dan sekaligus mengoptimalkan tingkat pH kulit.  Kandungan anti-bakteri pada manuka honey dapat membantu mengatasi jerawat

  • Menghilangkan hiperpigmentasi

Madu memang sudah lama digunakan untuk mengobati bekas luka, namun manuka honey diklaim lebih istimewa sebab efek antimicrobial-nya jauh lebih tinggi dibanding madu biasa. Selain itu, studi telah membuktikan bahwa manuka honey dapat mempercepat proses regenerasi kulit dan memperbaiki kerusakan sel secara lebih efektif.

  • Sebagai anti aging alami

Kandungan anti-oksidan yang terdapat dalam manuka honey dapat membantu melawan efek negatif dari akumulasi radikal bebas, seperti kerusakan sel dan penuaan dini. Manuka honey juga kaya akan asam amino yang dibutuhkan kulit untuk membentuk kolagen, memperkuat jaringan kulit dan meningkatkan elastisitasnya.

  • Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Sekolah Kedokteran Gigi di Universitas Otago Selandia Baru telah membuktikan manfaat antimikroba manuka honey meluas hingga ke perawatan gigi. Dalam penelitian tersebut, mengunyah manuka secara signifikan mengurangi plak dan pendarahan pada penderita radang gusi.

  • Membantu dalam mengatasi alergi

Manuka honey telah membuktikan bahwa kandungan yang ada didalam manuka honey bisa mengurangi tingkat alergi bahkan mengobati alergi itu sendiri.

  • Menjaga sistem kekebalan tubuh

Para ilmuwan dan peneliti telah membuktikan manuka honey dapat menunjang terbentuknya  Sitokin. Sitokin adalah senyawa penghubung yang digunakan sel imun untuk mengatur sistem imun dalam tubuh. Penemuan tersebut juga menjelaskan bagaimana manuka honey dapat membantu proses penyembuhan dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

  • Mengobati orang yang susah tidur

Salah satu manfaat dari rajin konsumsi manuka honey adalah untuk mengobati susah tidur pada malam hari. Kandungan dalam manuka honey membuat kita menjadi lebih tenang sehingga bisa tidur dengan nyenyak dan bagun dipagi hari dalam keadaan lebih segar.

  • Mencegah gigi bolong dan gingivitis

Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa manuka honey bisa membantu menyembuhkan gingivitis dan periodontal. Manuka honey dipercaya mampu menurunkan 35% daerah yang berdarah untuk orang-orang yang terkena gingivitis. Kandungan kalsium, zinc, dan fosfor pada manuka honey juga berperan penting dalam pemulihan gigi.

  • Methicillin-Resistent Staphylococcus Aureus (MRSA)

Penggunaan antibiotik berlebihan dan tidak efektifnya obat yang diberikan, yang membuat bakteri Staphylococcus resisten terhadap obat dan menjadinya tidak bisa dilawan. Akan tetapi peneliti belakangan ini menemukan bahwa kandungan UMF/Methylglyoxal pada manuka honey dapat menghambat pertumbuhan sel bakteri Staphylococcus Aureus tersebut.

  • Baik untuk pertumbuhan anak

Madu manuka mengandungi nutrisi, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan anak.

  • Menjadikan rambut lebih indah

Manuka honey memiliki sifat higroskopis yang bekerja pada kulit kepala, mengatur produksi minyak dan membersihkan kotoran. Metode pelembab higroskopik juga membuat air tetap terkunci pada untai rambut, menghambat ujung yang membelah atau yang biasa dikenal dengan rambut bercabang. Manuka honey dapat juga  dicampur dengan conditioner sehingga dapat menjaga kesehatan dan keindahan  rambut.

  • Menjaga kelembapan pada kulit

Manuka honey juga adalah natural humectant yang membantu agar kelembapan alami kulit tetap terjaga. Gunakan saja manuka honey seperti face mask biasa, dan oleskan tipis-tipis ke wajah. Diamkan 15-20 menit, bilas muka dengan air hangat. Lakukan kegiatan ini secara rutin dan rasakan kelembapan kulit anda.

  • Membunuh bakteri

Sejak ratusan tahun lalu madu sudah dipercaya memiliki banyak manfaat karena adanya sifat antibakteri yang alami. Anti bakteri pada manuka honey adalah paling baik dan stabil dibandingkan dengan madu.

  • Meningkatkan sistem antibodi

Prof.Dr. Peter Molan, Waikato University, New Zealand melakukan riset dan hasil riset yang ia lakukan membuktikan bahwa Antibakteri yang terkandung dalam manuka honey  sangat berbeda dengan madu pada umumnya. Antibakteri dalam manuka honey sangat stabil  dan tidak mudah dirusak oleh enzim dalam tubuh manusia, sehingga manuka honey sangat membantu meningkatkan sistem antibodi.

 

Kenapa Harus Madu Manuka?

Madu manuka disebut sebagai salah satu madu langka. Bunga manuka ini hanya bisa tumbuh di New Zealand dan Australia bagian selatan. Bunga ini hanya mekar dan tumbuh selama beberapa minggu saja dalam setahun, sehingga produksi madu madu sangat terbatas. 

Banyak orang mengkonsumsi madu manuka sebagai suplemen alami untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, batuk pilek, radang pencernaan, pernafasan dan sumber energi lainnya. Hal ini membuat khasiat dari madu Manuka sangat diminati oleh anak-anak dan orang dewasa.

Madu manuka juga kaya akan nutrisi, seperti asam amino,  kalsium, fosfor, vitamin B kompleks, mineral, zat besi, kalium, dan magnesium. Madu jenis ini sangat efektif meredakan penyakit, sistem pencernaan dan infeksi bakteri untuk mengobati luka usus besar akibat peradangan kronis.

 

Cara Konsumsi Manuka Honey

Manuka honey mengandung banyak akan nutrisi untuk sistem imunitas, seperti: Vitamin B (B6, B1, B3, B2, dan B5), Kalsium, Tembaga, Zat besi, Magnesium, Asam Amino, Mangan, Fosfor, Kalium, Sodium dan Zinc.

Manuka honey memang sangat berkhasiat, mengandung Antibakteri baik untuk tubuh, bisa menjaga stamina tubuh, mengurangi infeksi, dan kesehatan kulit. Nah berikut ini cara mengonsumsi manuka honey yang baik & benar..

  • Anak-anak: 1 sdt 1x sehari

  • Dewasa: 1 sdm 1x sehari

  • Dianjurkan mengkonsumsi manuka honey langsung tanpa campuran air.

 

Bagaimana cara beli Madu Manuka yang baik dan benar?

1.  BPOM

Madu manuka yang anda beli, sebaiknya sudah memiliki BPOM, dimana keaslian produk lebih terjamin. Semua produk makanan dan minuman yang asli di Indonesia harus dalam pengawasan BPOM sehingga produk makan terjamin,  aman dan layak dikonsumsi.

 

2. Perhatikan kadar UMF/MGOnya

Untuk mengetahui manfaat kesehatan dari madu manuka, harap perhatikan label "aktivitas antibakteri non-peroksida" atau UMF. Semakin besar jumlah UMF yang ada, semakin baik untuk penyembuhan.

Untuk memudahkan masyarakat dalam memahami kandungan antibacterial alami pada Manuka honey, digunakan standar global yang disebut Unique Manuka Factor (UMF).

Berikut referensi rating UMF yang bisa digunakan untuk memilih produk madu manuka terbaik:

  • UMF <5: Madu Manuka mengandung Methylglyoxal sebesar 30mg/kg atau MGO 30+ cocok untuk menjaga stamina tubuh sehari-hari.

  • UMF 5-9: Madu Manuka mengandung Methylglyoxal 83mg/kg atau MGO 83+ cocok dikonsumsi orang yang daya tahan tubuh lemah untuk menjaga stamina sehari-hari.

  • UMF 10-14: Madu Manuka mengandung Methylglyoxal 263mg/kg atau MGO 263+, cocok dikonsumi ketika lagi sakit, dapat membantu mengobati radang seperi radang tenggorokan, batuk dll.

  • UMF 15+: Madu Manuka mengandung Methylglyoxal 550 mg/kg atau MGO 550+, kandungan antibakteri yang tinggi, dapat digunakan untuk membantu penyembuhan penyakit tertentu. Karena kandungan antibakterialnya yang tinggi.

 

3. Beli Madu Manuka dari Penjual Terpercaya 

Anda disarankan selalu membeli madu manuka dari agen atau toko yang telah terpercaya dan bereputasi baik. Untuk mendapatan produk terbaik, Hillary Farm menawarkan berbagai pilihan produk madu yang lengkap, dengan kualitas terbaik dan semua produk sudah bersertifikat BPOM.

Bagikan:

Other Articles