Madu Manuka Honey Terbaik di Indonesia

Madu Manuka Honey Terbaik di Indonesia

Apa Itu Madu Manuka?

Madu manuka adalah madu yang berasal dari Selandia Baru, yaitu dari lebah Leptospermum scoparium. Disebut madu manuka, karena berasal dari tanaman manuka yang tumbuh di dataran tinggi  New Zealand pada musim panas dan sering dipakai suku Maori sebagai obat tradisional.

Madu manuka memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, seperti mengobati luka pada kulit, infeksi mulut, sakit tenggorokan, dan lain sebagainya. Madu manuka mengandung Methylglyoxal yang cukup tinggi, yaitu anti bakterial alami yang sangat stabil dibanding madu lainnya.

Komponen anti bakterial pada madu manuka tidak mudah rusak, meskipun sistem enzim dalam tubuh berperan penting, anti bakterial pada madu ini tetap aktif. Inilah yang menjadikan madu manuka sebagai salah satu madu unik yang bagus untuk kesehatan tubuh, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Inilah 20+ Manfaat Madu Manuka

Berikut ini adalah manfaat madu manuka untuk kesehatan:

1. Sebagai sumber energi

Madu manuka dapat memberikan energi, vitamin dan mineral yang cukup untuk tubuh. Madu ini dapat diminum di pagi hari agar badan tepat terasa segar dan tidak mudah lelah.

2. Menjaga sistem pencernaan

Madu manuka dapat membantu menjaga kesehatan pada sistem pencernaan, membantu mengatasi luka pada usus yang diakibatkan oleh bakteri, mencegah infeksi dan meningkatkan system kekebalan tubuh.

3. Mengobati batuk, pilek, dan radang tenggorokan

Anti bakteri yang terkandung dalam madu Manuka dapat meredakan infeksi dan membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan. Selain itu, madu Manuka dapat melindungi dan memberi dinding lapisan pada tengorokan sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada saat radang.

4. Mengatasi luka bakar dan bisul

Madu manuka dapat mengatasi luka bakar maupun bisul dengan cara dioleskan. Madu jenis ini dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka bakar, sehingga luka cepat kering dan anti bakteri pada madu manuka membantu meredahkan infeksi pada luka bakar tersebut.

5. Mampu meningkatkan kesuburan

Bukti empiris dan pendapat para ahli kesehatan menyatakan bahwa madu manuka berperan secara signifikan dalam meningkatkan kesuburan pasangan suami istri. Untuk wanita, madu manuka mampu membantu menguatkan rahim, serta mempercepat pematangan sel telur. Sedangkan untuk pria, madu manuka bisa membantu meningkatkan kekentalan sperma.

6. Membantu menjaga kesehatan kulit

Madu manuka memiliki banyak sifat Antibakteri yang tinggi sehingga dapat dipakai untuk  menyembuhan jerawat dan mencegah jerawat untuk datang kembali. Madu ini banyak dipakai untuk bahan pembuatan kosmetik. Selain itu, mengkomsumsi madu manuka setiap hari dapat membuat kulit keliatan lebih indah dan cerah.

7. Mengatasi luka/sakit pada lambung

H. pylori adalah salah satu bakteri yang sering mengakibatkan luka pada lambung. Research menyarankan, bahwa manuka honey dapat dipakai untuk membantu mengobati  masalah lambung yang disebabkan oleh bakteri tersebut. Selain itu, madu manuka juga dapat dipakai untuk melindungi lambung akibat konsumsi alkohol berlebihan.

8. Membantu mengatasi jerawat

Madu manuka juga bisa menjadi pembersih wajah dan toner yang hebat. Karena adanya sifat higroskopis (mampu menarik dan menahan air), sehingga bisa mengeluarkan kotoran dan sekaligus mengoptimalkan tingkat pH kulit. Kandungan anti-bakteri pada manuka honey dapat membantu mengatasi jerawat

9. Bisa menghilangkan hiperpigmentasi

Madu memang sudah lama digunakan untuk mengobati bekas luka, namun madu manuka diklaim lebih istimewa sebab efek antimicrobial-nya jauh lebih tinggi dibanding madu biasa. Selain itu, studi telah membuktikan bahwa madu manuka dapat mempercepat proses regenerasi kulit dan memperbaiki kerusakan sel secara lebih efektif.

10. Sebagai anti aging alami

Kandungan anti-oksidan yang terdapat dalam madu manuka dapat membantu melawan efek negatif dari akumulasi radikal bebas, seperti kerusakan sel dan penuaan dini. Madu ini kaya akan asam amino yang dibutuhkan kulit untuk membentuk kolagen, memperkuat jaringan kulit dan meningkatkan elastisitasnya.

11. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Sekolah Kedokteran Gigi di Universitas Otago Selandia Baru telah membuktikan, bahwa manfaat antimikroba dari manuka honey bisa untuk perawatan gigi. Dalam penelitian tersebut, mengunyah manuka secara signifikan mengurangi plak dan pendarahan pada penderita radang gusi.

12. Membantu mengatasi alergi

Madu manuka telah terbukti, bahwa kandungan yang ada di dalamnya bisa mengurangi tingkat alergi bahkan mengobati alergi itu sendiri.

13. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Para ilmuwan dan peneliti telah membuktikan, bahwa madu manuka dapat menunjang terbentuknya  Sitokin. Sitokin adalah senyawa penghubung yang digunakan sel imun untuk mengatur sistem imun dalam tubuh. Penemuan tersebut juga menjelaskan bagaimana madu manuka dapat membantu proses penyembuhan dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

14. Mengobati orang yang susah tidur

Salah satu manfaat dari rajin konsumsi madu manuka adalah untuk mengobati susah tidur pada malam hari. Kandungan madu manuka ini membuat kita menjadi lebih tenang, sehingga bisa tidur dengan nyenyak dan bagun dipagi hari dalam keadaan lebih segar.

15. Mencegah gigi bolong dan gingivitis

Beberapa penelitian juga mengatakan, bahwa manuka manuka bisa membantu menyembuhkan gingivitis. Madu ini dipercaya mampu menurunkan 35% daerah yang berdarah untuk orang-orang yang terkena gingivitis. Kandungan kalsium, zinc, dan fosfor pada madu manuka juga berperan penting dalam pemulihan gigi.

16. Methicillin-Resistent Staphylococcus Aureus (MRSA)

Penggunaan antibiotik berlebihan dan tidak efektifnya obat yang diberikan, yang membuat bakteri Staphylococcus resisten terhadap obat dan menjadinya tidak bisa dilawan. Akan tetapi peneliti belakangan ini menemukan, bahwa kandungan UMF/Methylglyoxal pada madu manuka dapat menghambat pertumbuhan sel bakteri Staphylococcus Aureus tersebut.

17. Baik untuk pertumbuhan anak

Madu manuka mengandungi nutrisi, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan anak.

18. Menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala

Madu manuka juga memiliki sifat higroskopis yang bekerja pada kulit kepala, mengatur produksi minyak dan membersihkan kotoran. Metode pelembab higroskopik juga membuat air tetap terkunci pada untai rambut, menghambat ujung yang membelah atau yang biasa dikenal dengan rambut bercabang. Madu ini dapat dicampur dengan conditioner, sehingga dapat menjaga kesehatan dan keindahan rambut.

19. Menjaga kelembapan pada kulit

Madu manuka bisa menjadi natural humectant yang membantu agar kelembapan alami kulit tetap terjaga. Gunakan saja madu ini, seperti face mask biasa, dan oleskan tipis-tipis ke wajah. Diamkan 15-20 menit, bilas muka dengan air hangat. Lakukan kegiatan ini secara rutin dan rasakan kelembapan kulit anda.

20. Bisa membunuh bakteri dalam tubuh

Sejak ratusan tahun lalu madu sudah dipercaya memiliki banyak manfaat karena adanya sifat antibakteri yang alami. Anti bakteri yang terkandung pada madu manuka adalah yang paling baik dan stabil dibandingkan madu jenis lainnya.

21. Mampu meningkatkan sistem antibodi

Prof.Dr. Peter Molan, Waikato University, New Zealand melakukan riset dan hasil riset yang ia lakukan membuktikan bahwa Antibakteri yang terkandung pada madu manuka sangat berbeda dengan madu pada umumnya. Antibakteri manuka honey sangat stabil dan tidak mudah dirusak oleh enzim dalam tubuh manusia, sehingga madu ini sangat bagus untuk meningkatkan sistem antibodi.

*Baca Juga: Aneka Produk Manuka Honey dari Hillaryfarm

Madu Manuka

Kenapa Harus Pilih Madu Manuka?

Madu manuka mengandung kalsium, zat besi, vitamin, dan mineral yang cukup tinggi. Kandungan ini sangat bagus untuk tubuh, karena menjaga metabolime tubuh. Tidak heran, bila banyak orang yang mulai mengkonsumsi madu manuka untuk menjaga imunitas tubuh.

Biasanya, orang yang mengkonsumsi madu manuka akan jarang sakit, karena madu manuka berperan sebagai suplemen alami yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Madu ini bisa mengobati batuk pilek, radang pencernaan, pernafasan dan sumber energi lainnya.

Madu manuka juga kaya akan nutrisi, seperti asam amino, kalium, fosfor, vitamin B kompleks, magnesium, dan mineral. Madu ini bisa di konsumsi oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Untuk cara minumnya, Anda bisa lihat dibawah ini.

Bagaimana Cara Minum Madu Manuka?

Dalam mengkonsumsi madu manuka, bisa setelah makan atau sebelum makan. Tapi, untuk menjaga efektifitas antibakteri, disarankan tidak diolah dengan pemanasan atau makanan minuman panas. Nah, berikut ini cara mengonsumsi madu manuka yang benar.

  • Anak-anak: 1 sdt 1x sehari

  • Dewasa: 1 sdm 1x sehari

  • Dianjurkan mengkonsumsi madu manuka tanpa campuran air.

Tips Sebelum Membeli Madu Manuka

JIka kalian ingin membeli madu manuka, disarankan membaca aturan dibawah ini. Cara ini dilakukan agar Anda tidak salah saat membeli produk madu manuka.

1. Lihat Ijin BPOM

Madu manuka yang anda beli, sebaiknya sudah memiliki BPOM. Semua produk makanan dan minuman yang asli di Indonesia harus dalam pengawasan BPOM sehingga produk makan terjamin, aman dan layak konsumsi.

2. Perhatikan Kadar MGO

Untuk mengetahui manfaat dari madu manuka, harap perhatikan label "aktivitas antibakteri non-peroksida" atau UMF.

Berikut referensi rating UMF yang bisa digunakan untuk memilih produk madu manuka terbaik:

  • UMF <5: Madu Manuka mengandung Methylglyoxal sebesar 30mg/kg atau MGO 30+ 

  • UMF 5-9: Madu Manuka mengandung Methylglyoxal 83mg/kg atau MGO 83+ 

  • UMF 10-14: Madu Manuka mengandung Methylglyoxal 263mg/kg atau MGO 263+,

  • UMF 15+: Madu Manuka mengandung Methylglyoxal 514 mg/kg atau MGO 514+

3. Beli di Hillary Farm 

Hillary Farm adalah tempat yang menjual madu manuka asli di Indonesia. Kami menyediakan madu manuka dengan kualitas terbaik yang bersertifikat BPOM. Berikut produk manuka honey dari Hillary Farm, yaitu Manuka Honey UMF 5+ 250grManuka Honey UMF 10+ 250grManuka Honey UMF 15+ 250gr, dan Manuka Honey UMF 20+ 250gr.

Bagikan:

Other Articles