Cara Membedakan Madu Manuka Asli dan Palsu

Cara Membedakan Madu Manuka Asli dan Palsu

Cara membedakan madu manuka asli dan palsu. Madu sejak dahulu sudah dikenal sebagai produk lebah yang memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Tepatnya sejak abad ke 19, madu diketahui bisa melindungi tubuh manusia dari serangan bakteri. Madu juga memiliki kegunaan lainnya karena sifatnya yang anti inflamasi dan antioksidan sangat bagus untuk menyembuhkan segala jenis penyakit.

Khasiat Madu Manuka

Madu Manuka sendiri dikenal sebagai produk lebah yang berasal dari Selandia Baru dan Australia. Madu ini diproduksi oleh lebah yang melakukan proses penyerbukan pada bunga Leptospermum Scoparium atau yang lebih dikenal dengan tanaman Manuka.

Madu ini memiliki khasiat yang berbeda dengan jenis madu lainnya. Madu Manuka memiliki kandungan zat aktif Methylglyoxal yang memiliki kegunaan sebagai antibakteri dan nutrisi  empat kali lebih banyak dibandingkan madu biasa. Hal itulah yang kemudian membuat madu ini banyak digunakan untuk terapi yang bisa membantu mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat Utama Madu Manuka untuk Kesehatan

Dilansir dari New Zealand Trade and Enterprise, madu Manuka memiliki khasiat atau manfaat utama untuk menjaga kesehatan manusia. Diantaranya adalah sebagai berikut :

 1.  Membantu mengobati gangguan pernapasan

Telah teruji secara klinis dimana madu Manuka memiliki manfaat sebagai alternatif dari obat antibiotik yang diberikan pada perawatan cystic fibrosis. Yaitu sebuah gangguan atau infeksi pernapasan yang memiliki penyebab berupa bakteri yang terbilang mematikan.

Gangguan kesehatan tersebut merupakan kelainan bawaan yang bisa merusak organ paru-paru dan mempengaruhi kesehatan sistem pencernaan dan organ tubuh lainnya.

Kandungan hidrogen peroksida yang ada di dalam madu Manuka ini mampu secara efektif menangani infeksi saluran pernapasan atas atau URTI seperti pada kasus fibrosis kistik di atas.

 2.  Mempercepat proses penyembuhan luka

Madu Manuka juga diklaim bisa membantu proses penyembuhan khususnya pada luka terbuka dan luka bakar. Diyakini madu ini bisa membantu untuk melawan infeksi dan membuat luka terbuka atau luka bakar lebih cepat pulih.

Bahkan senyawa kimia yang terkandung di dalamnya juga memiliki sifat anti peradangan serta memiliki pH yang rendah sehingga bisa secara maksimal memperbaiki kondisi kulit yang terluka.

 3.  Mengatasi gangguan sistem pencernaan

Madu Manuka memiliki anti bakterial yang tinggi dan stabil, sehingga dapat membantu mengatasi berbagai jenis bakteri yang menyerang sistem pencernaan. Bakteri yang banyak menyerang sistem pencernaan biasanya adalah bakteri inflammatory bowel disease atau IBD yang bisa menyebabkan peradangan di organ saluran usus.

Cara Membedakan Madu Manuka yang Asli dan Palsu

Di pasaran, Anda bisa menemukan banyak sekali produk madu Manuka yang dijual dengan berbagai varian harga dan kualitas. Namun, seperti halnya madu lainnya bahwa Anda harus berhati-hati saat membeli madu Manuka agar supaya bisa mengetahui cara membedakan madu manuka asli dan palsu.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membedakan antara madu Manuka yang asli dengan yang palsu.

1.  BPOM

Madu manuka yang anda beli, sebaiknya sudah memiliki BPOM. Semua produk makanan dan minuman yang asli di Indonesia tentunya harus terdaftar dan masuk dalam pengawasan BPOM sehingga produk makan terjamin, aman dan layak konsumsi.

2. UMF/MGO

Untuk mengetahui manfaat kesehatan dari madu manuka, harap perhatikan label "aktivitas antibakteri non-peroksida" atau UMF. Semakin besar jumlah UMF yang ada, semakin baik untuk membantu  proses penyembuhan.

Untuk memudahkan masyarakat dalam memahami kandungan antibacterial alami pada Manuka honey, digunakan standar global yang disebut Unique Manuka Factor (UMF).

Berikut referensi rating UMF yang bisa digunakan untuk memilih produk madu manuka terbaik:

UMF <5: Madu Manuka mengandung Methylglyoxal sebesar 30mg/kg atau MGO 30+ cocok untuk menjaga stamina tubuh sehari-hari.

UMF 5-9: Madu Manuka mengandung Methylglyoxal 83mg/kg atau MGO 83+ cocok dikonsumsi orang yang daya tahan tubuh lemah untuk menjaga stamina sehari-hari.

UMF 10-14: Madu Manuka mengandung Methylglyoxal 263mg/kg atau MGO 263+, cocok dikonsumi ketika lagi sakit, dapat membantu mengobati radang seperi radang tenggorokan, batuk dll.

UMF 15+: Madu Manuka mengandung Methylglyoxal 550 mg/kg atau MGO 550+, kandungan antibakteri yang tinggi, dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit tertentu, karena kandungan antibakterialnya tinggi.

3. Membeli Madu Manuka dari Penjual Terpercaya 

Anda disarankan selalu membeli madu manuka dari agen atau toko yang telah terpercaya dan bereputasi baik. Untuk mendapatan produk terbaik, Hillary Farm menawarkan berbagai pilihan produk madu yang lengkap, dengan kualitas terbaik dan semua produk sudah bersertifikat BPOM dan Kementerian Industri Primer di New Zealand.

 

Bagikan:

Other Articles