Segudang Manfaat Madu Manuka untuk Kesehatan Pencernaan Hingga Kulit

Segudang Manfaat Madu Manuka untuk Kesehatan Pencernaan Hingga Kulit

Berbicara tentang madu manuka, mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian yang sering konsumsi madu. Madu ini memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan tubuh, terutama pencernaan. Madu ini termasuk jenis madu herbal dengan kandungan air yang sangat rendah, sehingga aman untuk disimpan dalam jangka waktu lama.

Manfaat Madu Manuka untuk Tubuh

Dalam artikel berikut ini, Kita akan membahas tentang manfaat dari madu Manuka. Seperti yang diketahui bahwa madu memiliki kandungan probiotik yang aktif yang berguna untuk membantu mengendalikan bakteri jahat yang terdapat di tubuh anda sekaligus untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Diketahui madu Manuka merupakan jenis madu yang asalnya dari Selandia Baru (New Zealand) dan Australia. Madu manuka dipercaya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai ragam penyakit. Madu ini diproduksi secara khusus oleh lebah yang melakukan penyerbukan pada bunga Leptospermum Scoparium yang kemudian banyak yang menamakannya dengan bunga Manuka.

  • Untuk kesehatan pencernaan

Anda bisa mengonsumsi madu Manuka secara rutin yang dikenal mampu membantu masalah pencernaan Anda. Dimana madu ini bisa melapisi dan melindungi lambung dan organ pencernaan sehingga bisa berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Terlebih jika Anda mengkonsumsi madu Manuka yang mengandung kadar UMF sekitar 15+ yang berkhasiat sangat bagus untuk kesehatan pencernaan.

Diketahui bahwa madu Manuka dengan kadar 15+ bisa membantu tubuh Anda untuk membuat sebuah lingkungan anti mikroba yang bermanfaat untuk memberantas bakteri yang terdapat di organ usus besar Anda.

Madu Manuka juga terbukti lebih efektif untuk meningkatkan kadar enzim yang ada di lambung terutama untuk melakukan pengobatan pada tukak lambung atau ulkus di lapisan perut.

  • Untuk kesehatan pernafasan

Melalui penelitian yang dilakukan, diketahui madu Manuka memiliki kandungan hidrogen peroksida yang berkhasiat untuk mengatasi penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas dengan lebih efektif ketimbang menggunakan obat-obatan. Selain itu, telah teruji secara klinis dimana madu Manuka bisa menjadi opsi lainnya selain  antibiotik alami untuk melakukan pengobatan dalam penyakit Cystic Fibrosis, yaitu sebuah kondisi kesehatan organ pernafasan yang mengalami infeksi akibat bakteri yang cukup mematikan.

  • Obati sakit tenggorokan

Madu Manuka juga memiliki kemampuan untuk membantu meredakan gejala sakit tenggorokan dengan kandungan sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang dimilikinya. Bahwa madu jenis ini sangat membantu untuk meredakan rasa sakit sekaligus mengatasi peradangan yang terjadi pada organ tenggorokan dengan optimal.

  • Membuat kulit lebih cerah

Dan manfaat yang berikutnya dari madu Manuka adalah bisa digunakan sebagai pelembab atau bahan tambahan dalam sabun pembersih wajah yang sangat membantu menjaga kesehatan kulit wajah khususnya untuk Anda yang mempunyai jenis kulit yang mudah tumbuh jerawat. Sehingga bisa dikatakan bahwa madu Manuka sangat direkomendasikan untuk melakukan perawatan kulit wajah secara topikal untuk hasil yang lebih baik dan tampak alami.

Madu Manuka juga dikenal memiliki kandungan senyawa kimia yang mampu mengatasi peradangan pada kulit sekaligus memiliki pH yang cukup rendah sehingga bagus untuk menjadi bahan alami untuk memperbaiki tekstur kulit yang mengalami kerusakan akibat penggunaan bahan kimia.

  • Antiseptik yang efektif

Kemudian manfaat lainn dari Madu Manuka adalah berfungsi sebagai antiseptik alami yang sangat efektif khususnya dalam pengobatan luka dengan kandungan antibakteri dan antioksidan di dalamnya. Kandungan pH yang rendah sangat bagus untuk melakukan penyembuhan pada luka bagian kulit dengan cara membuat regenerasi kulit dan meredakan luka bakar yang di alami.

Ketentuan Pemberian Madu Manuka yang Aman!

  • Untuk menjaga stamina tubuh
  • 1-10 tahun:I sdt1x sehari, dewasa:1 sdm 1x sehari
  • Penggunaan madu Manuka sebagai tambahan dalam minuman bisa dicampurkan madu Manuka pada teh, kopi atau minuman yoghurt, pancake, dll.
  • Lalu untuk terapi penyembuhan luka minor bisa dilakukan dengan mengoleskan madu Manuka pada bagian yang terluka.

*Baca Juga: Manfaat Madu Clover untuk Kesehatan Tubuh

Bagikan:

Other Articles