Apakah Madu Manuka dapat Digunakan untuk Terapi GERD?

Apakah Madu Manuka dapat Digunakan untuk Terapi GERD?

Penyakit asam lambung atau GERD sering kali dirasakan banyak orang setelah makan. Hal ini terjadi karena adanya gejala asam lambung yang naik. Apalagi penderita GERD bisa merasakan nyeri dada ketika kadar asam lambung sangat tinggi.

Jika GERD kambuh, biasanya dokter akan memberikan beberapa obat yang bisa menurunkan asam lambung. Tapi pengobatan alami juga bisa menyembuhkan GERD secara signifikan.

Salah satunya dengan madu. Madu menjadi bahan alami yang memiliki khasiat untuk berbagai jenis penyakit, termasuk GERD. Madu bisa menenangkan tenggorokan ketika terasa panas akibat asam lambung.

Menyembuhkan GERD dengan Madu Manuka

Banyak penderita asam lambung yang ketergantungan dengan obat medis saat asam lambung mulai menyerang. Tentu saja bergantung dengan obat, bukanlah hal yang baik jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

Oleh sebab itu, kamu bisa menyeimbanginya dengan konsumsi obat alami. Salah satunya adalah madu. Lalu apa saja manfaat madu untuk kesehatan pencernaan kita? Berikut manfaat madu manuka untuk pencernaan:

  • Menurunkan Asam Lambung

Penyebab utama GERD yaitu produksi asam lambung yang berlebihan, terutama setelah makan. Madu bisa meredakan naiknya asam lambung yang sering kali menyebabkan dada dan tenggorokan terasa panas atau disebut dengan refluks asam.

Sebab madu menjadi sumber antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Salah satu penyebab refluks asam yakni disebabkan oleh radikal bebas yang bisa merusak sel yang ada di dalam saluran pencernaan.

Inilah alasan penderita asam lambung harus mengonsumsi madu karena bisa melawan radikal bebas. Apalagi rasa manis alami dari madu bisa menurunkan asam lambung yang membuat mual bahkan muntah.

  • Mencegah Infeksi

Madu telah dipercaya ribuan tahun untuk mengobati berbagai macam penyakit. Namun kamu juga harus memilih jenis madu terbaik yang bisa digunakan sebagai pengobatan alami.

Madu manuka menjadi salah satu madu yang kerap dijadikan obat alami. Sebab teksturnya lebih kental dan warnanya keruh kecoklatan. Kandungan manuka pada madu ini sangat baik dan lebih banyak dibandingkan madu biasa.

Madu manuka memiliki kandungan protein defensin-1 dan hydrogen peroksida yang berfungsi sebagai anti-bakteri. Jadi madu ini bisa membunuh bakteri dengan lebih efektif dibandingkan madu biasa.

Didalam sistem pencernaan kita, terdapat bakteri baik dan bakteri buruk. Madu manuka membantu membunuh bakteri buruk penyebab penyakit pencernaan seperti diare, iritasi usus dan peradangan usus.

  • Menyeimbangkan Bakteri Baik

Berbeda dengan bakteri jahat, bakteri baik yang terdapat di usus kita bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Oleh sebab itu metabolism tubuh sangat baik jika kadar bakteri baik seimbang.

Madu manuka bisa menyeimbangkan jumlah bakteri baik di usus. Sebab madu manuka mengandung oligosakarida yang meningkatkan efek prebiotic.

Sedangkan prebiotic berperan untuk membantu bakteri usus agar bisa menghasilkan asam lemak pada rantai pendek. Tentu saja kamu perlu mengonsumsi madu manuka secara rutin untuk mendapatkan sistem metabolism tubuh yang baik.

  • Mengurangi Diare

Madu manuka bisa membantu meringankan diare. Sebab diare disebabkan karena bakteri yang ada di usus. Salah satu studi menunjukkan bahwa mencampur oralit dengan madu, bisa meringankan gejala diare.

Jika kamu mengalami diare ringan, maka kamu bisa mengonsumsi madu dengan minuman saja. Namun jika kamu diare berat, maka kamu bisa barengi dengan konsumsi oralit.

  • Proses Pencernaan Lancar

Madu mengandung enzim yang berperan sebagai katalis di dalam proses pencernaan kita. Enzim inilah yang bermanfaat untuk menghancurkan gula dan karbohidrat.

Tubuh membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghancurkan dua zat ini. Namun dengan konsumsi madu, kamu bisa mempercepat proses penghancuran gula dan karbohidrat.

Apalagi madu mengandung antioksidan dan antibakteri yang sangat tinggi sehingga bisa mengurangi resiko gangguan pada sistem pencernaan kita. Mengonsumsi madu untuk kesehatan pencernaan memang sangat disarankan. Apalagi jika kamu menderita GERD atau penyakit pencernaan lainnya.

Jangan sembarang untuk konsumsi madu, sebab banyak sekali madu yang mengandung gula tambahan. Sebaiknya kamu memilih madu yang memiliki kandungan bunga manuka karena sangat baik bagi tubuh.

Madu manuka Hillary farm bisa menjadi salah satu pilihan madu terbaik di Indonesia. Sebab madu manuka kaya akan nutrisi dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Apalagi Madu Hillary Farm telah memiliki BPOM. Jadi aman untuk dikonsumsi bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Madu manuka buatan Hillary Farm dibuat dari bunga manuka yang tumbuh di Selandia Baru. Bahkan bunga ini termasuk bunga langka karena hanya tumbuh beberapa minggu dalam setahun. Tentu saja kualitas madu manuka Hillary Farm ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

*Baca Juga: Manfaat Madu Clover untuk Kesehatan Tubuh

Bagikan:

Other Articles