Madu manuka untuk sakit tenggorokan

Madu manuka untuk sakit tenggorokan

Madu Manuka Memiliki sejarah panjang dalam mengobati berbagai macam penyakit.  Kandungan antibakterial pada  madu manuka sangat tinggi dan stabil, sehingga dapat membantu mengobati berbagai radang seperti radang tenggorokan.

CDC merekomendasikan bahwa madu manuka untuk meredakan sakit tenggorokan untuk anak-anak dengan usia 1 tahun keatas sampai dengan dewasa. Organisasi kesehatan dunia (WHO) juga telah merekomendasikan madu manuka untuk membantu mengobati sakit tenggorokan sejak 2001.

Namun, madu tidak direkomendasikan untuk diberikan pada anak yang berumur dibawah 1 tahun karena dapat menyebabkan botulisme. Botulisme adalah salah satu keracunan pada bayi dibawah umur 1 thn dikarenakan anak di bawah 1 tahun belum bisa mencerna spora yang terdapat pada madu.

Bagaimana Madu Manuka dapat membantu meredakan sakit tenggorokan?

Pada tahun 1981 Dr Peter Molan dari waikito university menemukan bahwa madu manuka memiliki nilai antibakterial yang tidak ditermukan pada madu lainnya. Nilai anti-bakterial ini sangat tinggi dan stabil sehingga dapat dipakai untuk menyembuhkan luka dan berbagai macam penyakit.

Banyak penelitian juga sedang difokuskan pada pendekataan alternatif untuk mengobati infeksi bakteri. Penelitian menemukan bahwa Madu ternyata memiliki berbagai manfaat untuk dijadikan sebagai pengobatan alternatif. Contoh  untuk menyembuhkan luka dan infeksi.

Madu telah digunakan sebagai obat alami selama lebih dari 2000 tahun yang lalu. Tetapi hanya beberapa jenis madu yang menunjukan bahwa madu mungkin dapat dipakai sebagai pengobataan. Salah satunya adalah madu manuka. Madu manuka memiliki sifat anti mikroba yang mempunyai kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan radang seperti radang tenggorokan, radang perncernaan dll.

Apa itu Madu Manuka ?

Madu manuka sendiri adalah madu monofloral, dimana dihasilkan dari nektar bunga manuka saja. Madu manuka biasanya dinilai menggunakan sistem klasifikasi yang dikenal sebagai Unique Manuka Factor (UMF), yang mencerminkan konsentrasi madu manuka atau  kekuatan antibakterialnya berbanding lurus dengan kekuatan Fenol yang dibutuhkan untuk menghasilkan antibakteri yang sama.

Komposisi Madu Manuka

Komposisi madu manuka terdiri dari karbohidrat, mineral, protein, asam lemak, senyawa fenolik dan flavonoid. Meskipun senyawa tersebut ditermukan pada jenis madu lain, madu manuka memiliki senyawa unik yang tidak dimiliki oleh madu lain yaitu methylglyoxal (MGO) yang sangat tinggi yang terbentuk dari dihidroksiaseton (DHA) yang berkorelasi dengan aktivitas antibakteri. Menariknya, peringkat UMF madu manuka sangat berkorelasi dengan kesetaraan MGO dan aktivitas antibakterinya.

Selain antibakterial yang tinggi,  antioksidan yang terkandung di dalam madu manuka juga membantu meredakan peradangan yang terjadi akibat adanya radikal bebas. Apabila tubuh banyak terpapar radikal bebas maka kan sangat mudah terserang penyakit terutama peradangan. Kabar baiknya lagi, madu manuka banyak mengandung antioksidan alami dan sangat efektif menyembuhkan sakit dan radang terutama pada tenggorokan.

Selain antioksidan, madu manuka juga mengandung  vitamin dan mineral, yang secara tidak langsung juga berfungsi untuk menjaga  kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit seperti radang tenggorokan.

Baca Juga : Madu Manuka untuk Batuk Pilek

Madu Manuka telah melewati sejarah yang panjang sebagai pengobatan ataupun pencegahan berbagai penyakit dan telah lolos uji klinis. Manuka honey juga sangat dianjurkan secara medis juga untuk  orang yang sering sakit, atau daya tahan tubuh yang lemah terutama yang sering radang tenggorokan dan batuk.

Efektivitas yang diberikan Manuka honey terbukti ampuh mengatasi radang tengorokan dan beberapa penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi madu ini hanya satu sendok makan ternyata dapat  mengurangi iritasi yang terdapat pada saluran tenggorokan.

Baca Juga : Madu Manuka untuk Daya Tahan Tubuh

Dengan adanya bukti ilmiah ini maka kita tidak perlu meragukannya lagi ya, sob. Dokter telah menganjurkan juga untuk mengonsumsi madu ini secara rutin di beberapa negara maju maupun berkembang.  Selamat mencoba semoga mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, untuk kamu yang mau mencoba, kamu bisa mendapatkan madu manuka dengan kualitas terbaik, bersertifikat BPOM,  hanya di Hillary Farm. Madu Manuka Hillary Farm dapat dijamin keasliannya dan dijual dengan harga yang terjangkau!

 

 

 

 

 

Bagikan:

Other Articles